main image

Kasur kapuk dapat dijadikan alternatif kasur busa bagi seseorang yang sering berpindah tempat tinggal, dan merasa berat jika harus mengangkat serta kasur busa kemanapun ketika sedang memindahkan barang. Oleh karena itu, berikut ini tips memilih kasur kapuk yang nyaman digunakan.

 

  • Pilih yang Kapuknya Melimpah

 

Tips pertama ketika hendak membeli kasur kapuk adalah memilih bahan baku yang tebal dan melimpah. Pemilihan pada kasur kapuk tentu memiliki peran agar ketika dipakai kasur tidak keras dan menjadi empuk, sehingga pengguna akan merasakan nyaman ketika rebahan atau tidur di kasur.

Kapuk yang melimpah dapat membuat seseorang tidur lebih lelap dari biasanya karena sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Selain itu, menggunakan kasur kapuk dengan bahan yang tebal juga membantu pengguna untuk bisa merawat kasur secara rutin.

Jika kasur yang memiliki bahan tipis sulit untuk dirawat karena didalamnya terdapat banyak bahan yang tidak diperlukan seperti biji kapuk dan juga bagian kulit dari tanaman kapuk. Maka hal tersebut berbanding terbalik dengan kasur yang memiliki banyak kapuk, sehingga lebih mudah untuk dirawat.

 

  • Pilih Warna Kain Kasur Kapuk yang Sesuai

 

Pemilihan dari warna kain yang digunakan pada kasur kapuk bertujuan untuk menyamakan warna tersebut dengan daerah sekitar atau konsep kamar yang sedang digunakan oleh seseorang. Jika warna tidak sesuai, bisa jadi pengguna akan merasa pusing karena kontras dari satu dan lainnya.

Oleh karena itu penggunaan warna dari kain kasur kapuk yang sesuai dengan dekorasi kamar tentu memiliki manfaat besar, apalagi bagi pengguna yang menyukai warna tertentu. Ketika melihat warna favorit bersatu dengan warna yang tidak disukai, tentu timbul pertanyaan dalam hati pengguna.

Memilih warna kain kasur kapuk juga dapat menunjukkan karakteristik pengguna. Karena setiap warna mewakili perasaan tertentu, seseorang akan lebih mengetahui bagaimana mood sedang berjalan dan bagaimana menghasilkan perasaan tertentu yang ingin dirasakan.

 

  • Gunakan Penebah Pada Kasur Kapuk

 

Tips ini bisa berlaku untuk kasur kapuk yang sering dipajang pada bagian luar ruangan ketika pengguna hendak membeli benda tersebut. Biasanya kasur kapuk yang sering terkena daerah luar akan sering pula terkena debu dan gangguan lain yang dapat mengakibatkan berbagai masalah.

Pengguna harus memastikan bahwa kasur kapuk benar-benar aman untuk digunakan dengan cara menebah kasur beberapa kali menggunakan sapu ijuk atau alat penebah lain. Tujuannya adalah agar pengguna bisa memakai alat tersebut untuk menghilangkan debu dan kotoran pada bagian kasur.

Biasanya pada toko yang menjual kasur kapuk sebagai produk utama, sudah disediakan pula penebah dan beberapa alat bantu lainnya untuk membersihkan kasur. Pengguna bisa membeli atau meminjam alat tersebut kepada penjual, dan melakukan pembersihan sebelum membawa kasur.

 

  • Jemur Kasur Kapuk

 

Menjemur kasur kapuk juga bisa menjadi tips yang baik untuk melihat kasur mana yang nyaman untuk digunakan. Mengingat bahan dari kasur kapuk tidak dapat berkembang tanpa bantuan dari panas atau cahaya terutama matahari, maka penting sekali untuk menjaganya tetap hangat.

Tujuannya adalah agar kasur tetap tebal dan bisa membuat tubuh pengguna yang mencoba jadi terus nyaman serta hangat. Panas dari matahari akan terserap ke dalam kasur, dan akan ikut mengalir ke tubuh pengguna.

 

  • Semprot Kasur Dengan Obat Anti Kutu

 

Tips terakhir yang dapat digunakan untuk membuat kasur kapuk terasa nyaman adalah dengan menyemprotkan obat anti kutu secara berkala. Obat ini mampu membunuh kutu yang masuk dan menyelinap di dalam kasur kapuk.

Saat kasur kapuk sudah bersih dari gangguan kutu, sudah pasti kasur akan terasa lebih nyaman untuk digunakan. Selain itu, kasur juga bisa jadi lebih aman karena tidak ada lagi kutu yang bisa membuat kulit terasa gatal-gatal.

Kategori: Furniture