Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang sekolah bisnis di Jakarta sebagai pemain kunci dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Ini mempelajari dampak identitas perusahaan, melalui kepuasan siswa dan citra perusahaan pada retensi siswa di sekolah bisnis di Jakarta. Hal ini juga mengkaji peran pengembangan kurikulum sekolah bisnis pada pengurangan siswa.

Artikel ini membahas pengaruh sekolah bisnis terhadap retensi siswa dan reputasi perusahaan terhadap retensi siswa. Identitas perusahaan memainkan peran penting dalam menopang keberadaan dan profitabilitas perusahaan usaha kecil (UKM) Indonesia. Keberadaan dan profitabilitas banyak bisnis di Jakarta bergantung pada hubungan lokal dan internasional yang baik. Sekolah bisnis di Jakarta harus mampu menyikapi pentingnya jaringan bisnis lokal dan internasional serta implikasi globalisasi. Namun, sebelum Indonesia dapat berharap untuk mengembangkan perusahaan bisnis yang kuat yang mampu bersaing dengan perusahaan internasional, Indonesia harus meningkatkan kapasitas domestiknya dalam hal reputasi perusahaan.

Sekolah Bisnis di Jakarta – Dampak Positif Pada Perekonomian

sekolah bisnis di jakarta

Studi ini menemukan bahwa kehadiran sekolah bisnis di Jakarta berdampak positif pada kinerja perusahaan-perusahaan Indonesia di lima bidang bisnis utama. Ini termasuk kegiatan komersial, sumber daya manusia, transfer teknologi dan pengembangan infrastruktur teknologi, dan produksi. Sejalan dengan temuan ini, penelitian ini menelusuri dampak sekolah bisnis di Jakarta pada kepuasan siswa, pengembangan kurikulum dan kegiatan pemasaran dan profitabilitas. Analisis mengungkapkan bahwa kehadiran sekolah bisnis di Jakarta telah secara signifikan meningkatkan kepuasan dan pengetahuan siswa tentang mata pelajaran tersebut, yang menghasilkan perubahan positif dalam sikap terhadap belajar-mengajar.

Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa yang memasuki kursus bisnis dari Jakarta memiliki harapan yang lebih positif untuk belajar daripada kelas lain. Lulusan sekolah bisnis di Jakarta lebih puas dengan prospek karir mereka dan lebih optimis dalam mencari pekerjaan. Siswa yang puas lebih bersedia untuk melakukan tugas tambahan dan mengambil risiko di tempat kerja, sehingga produktivitas meningkat. Siswa yang puas juga mengungkapkan optimisme tentang mencapai tingkat yang lebih tinggi dari posisi manajemen setelah lulus, dan mereka menunjukkan komitmen yang lebih besar untuk tanggung jawab organisasi dan interpersonal. Akhirnya, siswa dan lulusan yang puas menunjukkan bakat organisasi dan interpersonal yang lebih besar dan berkinerja lebih baik di tempat kerja.

Siswa yang terdaftar di sekolah bisnis telah menunjukkan harapan positif untuk mendapatkan kesempatan kerja yang stabil. Sebagian besar siswa yang memasuki kursus bisnis dari Jakarta telah memperoleh magang dan pekerjaan. Hasil pencarian kerja ini terkait dengan tingkat akreditasi profesional yang lebih tinggi, stabilitas pekerjaan, gaji awal yang lebih tinggi, dan kepuasan kerja. Tingginya tingkat keamanan kerja bagi lulusan sekolah bisnis di Jakarta semakin diperkuat dengan relatif tingginya kualitas pekerjaan yang tersedia di sektor swasta, tidak adanya diskriminasi terhadap karyawan dan calon karyawan di sektor swasta serta iklim usaha lain yang menguntungkan. Selanjutnya, lulusan cenderung mengalami stres terkait waktu dan kehadiran.

Siswa yang puas dari sekolah bisnis juga tampil lebih baik di pekerjaan mereka masing-masing. Selain menjadi lebih percaya diri tentang kemampuan mereka untuk melakukan dengan baik, siswa yang puas lebih produktif dalam tugas mereka dan menyelesaikan tugas dalam jangka waktu yang ditentukan. Siswa yang puas akan lebih efisien dalam menyelesaikan tugas, memenuhi target, menyelesaikan proyek tepat waktu, menunjukkan komitmen dan dedikasi terhadap pekerjaan mereka, menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang baik, menunjukkan keterampilan manajemen keuangan yang baik, memiliki keterampilan komunikasi yang akurat, dan berdedikasi untuk mencapai tujuan perusahaan. .

Siswa yang puas dari sekolah bisnis juga lebih mungkin untuk terlibat dalam kegiatan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di masa depan. Setelah lulus dari sekolah bisnis, siswa cenderung melanjutkan pendidikan tinggi, bekerja, memulai bisnis, dan terlibat dalam kegiatan masyarakat. Mayoritas sekolah bisnis di Jakarta mendorong dan mengajarkan persaingan sehat antar siswa. Hal ini mendorong siswa untuk menjadi kompetitif dalam pilihan pekerjaan mereka dan untuk masuk dan berpartisipasi dalam bisnis, pasar, dan organisasi. Sekolah bisnis di Jakarta yang mendorong dan mengajarkan persaingan yang sehat pasti akan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin bisnis yang sukses.

Lulusan sekolah bisnis yang memutuskan untuk memulai bisnis sendiri juga harus mempertimbangkan kualitas pendidikan yang mereka terima dari sekolah bisnis sebelum melamar posisi di industri bisnis. Bagaimanapun, sekolah bisnis harus mengajari siswa apa yang diperlukan untuk sukses dalam bisnis, bukan hanya sekolah bisnis. Mereka harus mengajari siswa bagaimana mengembangkan rencana bisnis, bagaimana menarik pelanggan, bagaimana mengelola keuangan mereka, dan bagaimana menjaga hubungan baik dengan karyawan dan klien. Mereka harus melatih siswa mereka untuk mengevaluasi risiko, peluang, dan ancaman dalam bisnis. Semua hal itu bisa ditemukan di salah satu sekolah bisnis terbaik yang ada di Jakarta yaitu di domoacademy. Mereka harus membekali siswanya dengan pengetahuan dan keterampilan bisnis yang tepat sehingga bisnis dapat berkembang di Jakarta.