Berita sepak bola Indonesia kali ini datang dari Timnas Indonesia harus mengalami kekalahan saat menjalani laga uji coba internasional FIFA melawan Afghanistan yang digelar pada Selasa, 16 November 2021 di Stadion Gloria, Antalya, Turki. Dalam pertandingan tersebut tim Garuda kalah tipis dengan skor 0-1.

Jalannya Pertandingan

Satu-satunya gol ke gawang Muhammad Riyandi dicetak oleh pemain pengganti Afghanistan, Omid Popalzay pada menit ke-85.

Timnas Indonesia tampil cukup agresif di awal babak pertama. Namun, peluang Witan Sulaeman di menit kedelapan masih gagal mencetak gol. Menit 22, giliran Dedik yang mendapat umpan patah dari Witan. Namun akurasi tembakannya juga melenceng.

Setelah menyia-nyiakan dua peluang emas, Indonesia praktis kehilangan kendali permainan. Afganistan bisa menetralisir permainan dengan keunggulan sikap pemain. Indonesia lebih menekan di babak kedua. Terlihat jelas tingkat kebugaran Asnawi Mangkualam dkk lebih baik. Pasalnya, permainan timnas Afganistan menurun drastis. Mereka seolah kehabisan bahan bakar di babak kedua.

Sementara itu, Indonesia melakukan beberapa perubahan yang membuat serangan semakin parah. Ezra Walian, Irfan Jaya dan Kadek Agung masuk secara bersamaan di pertengahan babak kedua. Menit 73 mulai terlihat hasilnya. Dari sebuah hasil kolaborasi membuat Ezra berhasil melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun tendangannya masih bisa ditepis kiper Afghanistan.

Lini pertahanan Indonesia mulai goyah setelah Elkan Baggott ditarik keluar di pertengahan babak kedua karena mengalami cedera pada area kepalanya. Momen inilah yang menjadi titik balik dari Afghanistan. Tepatnya pada menit ke-84, kurangnya koordinasi antara Fachrudin Ariyanto dan Victor Igbonefo membuat Omid berhasil mencetak gol.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Indonesia tidak berhasil membalas selisih gol. Sehingga Afghanistan berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan tipis 1-0.

Rapor Pemain Timnas Indonesia

Dari hasil pertandingan tersebut, salah satu media lokal Indonesia memberikan nilai atas perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pemain timnas Indonesia meski kalah tipis.

  1. Muhammad Riyandi: 6,5

Sebenarnya tidak banyak penyelamatan yang dilakukan oleh penjaga gawang Barito Putera ini. Hal ini karena kebanyakan serangan pemain Afghanistan tidak ada yang menemui target sasaran. Akan tetapi, gawangnya berhasil dijebol menit ke-85.

  1. Asnawi Mangkualam: 7

Seperti biasanya, Asnami bermain dengan penuh semangat. Pada babak pertama, dia tidak banyak membantu dalam hal serangan. Namun, umpan terobosannya sangat membahayakan pertahakan lawan. Sedangkan di babak kedua, dia beberapa kali melakukan akselerasi untuk membantu serangan dan sangat merepotkan lini pertahanan lawannya.

  1. Fachrudin Ariyanto: 6

Dia adalah pemain paling senior yang jadi starter dalam pertandingan tersebut. Karakternya yang lugas dan tanpa kompromi. Sayangnya, permainan baiknya harus ternodai saat saat menutup ruang gerak penyerang Afghanistan, Omid pada menit ke-85 dan gawang timnas Indonesia harus kebobolan.

  1. Elkan Baggott: 7,5

Bek jangkung yang bermain di Ipswich Town ini tampil sangat cemerlang sepanjang laga. Banyak intersep yang dilakukan oleh pemain berusia 19 tahun tersebut. Sayangnya, kepalanya terbentur kaki lawan saat melakukan tekel menit ke-60, dan harus dibawa keluar lapangan untuk dilakukan perawatan.

  1. Pratana Arhan: 6,5

Menampilkan pemain yang tidak kalah agresifnya dengan Asnawi, Pratana beberapa kali naik untuk membantu serangan timnas Indonesia. Sayangnya, Arhan masih sering melakukan kesalahan sangat memberikan passing.

  1. Ricky Kambuaya: 7

Gelandang box-to-box yang baru dimainkan di babak kedua ini menampilkan aksi yang brilian. Bahkan dia mendapatkan peluang emas lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola hanya membentur mistar gawang.

  1. Rachmat Irianto: 7

Gelandang jangkar dari Persebaya Surabaya ini jatuh bangun saat menghalau serangan Afghanistan. Meski kalah postur, Irianto sering melakukan duel untuk merebut bola dari kaki lawan. Hal ini dilakukannya sepanjang laga.

  1. Evan Dimas: 6,5

Peran Evan Dimas dalam laga tersebut sangat minim. Umpan terobosannya tak terlihat selama pertadningan. Akan tetapi, skill dan ketenangannya saat membawa bola selama pertandingan patut diacungi jempol.

  1. Egy Maulana Vikri: 6

Peran Egy nyaris tak terlihat sepanjang babak pertama. Di awal babak kedua, Egy mulai memperlihatkan kecepatannya. Namun, setelah itu permainannya tidak berkembang dan ditarik keluar lapangan pada pertengahan babak kedua.

  1. Dedik Setiawan: 6,5

Striker Arema FC ini mendapatkan peluang emas menit ke-22. Sayangnya penyelesain kahit dari Dedik masih melebar. Setelah itu, tidak ada peluang yang didapatkan oleh Dedik.

  1. Witan Sulaeman: 6,5

Indonesia berhasil mendapatkan peluang emas pertama menit kedelapan melalui Witan. Sayangnya, tendangan datarnya masih melebar. Meski demikian, Witan menampilkan permainan yang ngotot dan beberapa kali mencoba melakukan tendangan.

Nah itu dia rapor dari 11 pemain yang menjadi starter dalam pertandingan uji coba internasional FIFA antara timnas Indonesia melawan Afghanistan. Meski kalah, permainan tim Garuda sangat layak untuk diapresiasi karena menampilkan permainan yang bagus.

Kategori: Umum