Ada beragam cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini. Walaupun kasusnya sudah mulai menurun, namun tidak ada salahnya bukan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat demi terhindar dari berbagai macam penyakit ataupun virus lainnya.

Tidak jarang pada saat situasi pandemi seperti sekarang ini membuat kebanyakan orang menjadi stress, panik, dan juga khawatir. Ternyata keadaan tersebut justru berpengaruh terhadap imunitas dan membuat tubuh lebih gampang terserang penyakit.

Maka dari itu, masyarakat diwajibkan untuk lebih waspada dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Lantas bagaimanakah cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit seperti keadaan sekarang ini? Penasaran bukan, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit?

Memang benar kalau kasus pandemi covid 19 sudah mulai menurun, namun kalian harus tetap waspada untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Untuk itulah, kami akan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Simak terus artikel ini.

  1. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur kurang lebih 30 menit sehari atau minimal 3 sampai 5 kali seminggu bisa meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Pilihlah olahraga yang sesui dengan kebutuhan misalkan berjalan kaki, berlari, dan bersepada di sekitar rumah.

Jika ingin menghindari kerumunan, maka bisa memilih olah raga di rumah saja. Kalian bisa melakukan senam, yoga dan stretching agar kekebalan tubuh meningkat secara bertahap.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Agar imunitas tubuh tetap terjaga, maka kalian harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Namun yang lebih utama yaitumakan makanan mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi supaya imunitas tubuh jadi lebih baik.

Beberapa aneka makanan sehat juga bisa kalin pilih diantaranya yaitu buah, sayuran, telur, ikan, susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Mengkonsumsi makanan tersebut secara rutin dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Istirahat Cukup

Karena imunitas tubuh sangat erat kaitannya dengan kualitas tidur. Sebaiknya gunakanlah waktu berisitarahat kalian dengan cukup agar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara bertahap.

Kurang tidur akan rentan membuat tubuh terkena penyakit. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukup waktu tidur dengan usia kalian sendiri. Pada orang dewasa umumnya membutuhkan 7 sampai 9 jam perhari untuk beristirahat.

  1. Konsumsi Suplemen yang Diperlukan

Asupan gizi yang cukup memang diperlukan untuk mendukung kerja sistem kekebalan tubuh. Namun alangkah baiknya agar berkonsultasi kepada dokter atau instansi kesehatan terdekat. Supaya tahu suplemen apa yang cocok dikonsumsi pada tubuh kalian sendiri.

Kekebalan tubuh diperoleh tidak langsung instan. Maka dari itu gunakanlah waktu kalian untuk menjaga imunitasnya dengan cara berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Jadi tetaplah menerapkan pola hidup sehat dan patuhi protokol kesehatan.

Kategori: Kesehatan