obat saraf kejepit alami

Istilah penyakit saraf kejepit mungkin pernah Anda dengar. Tetapi apa sebenarnya yang terjadi ketika penyakit saraf kejepit terjadi? Dan apakah saja pilihan untuk obat saraf kejepit alami di apotek itu?

Sementara ketika Anda bicarakan keluhan saraf kejepit secara medis, maka pada umumnya pasien akan mendapatkan rekomendasi menjalankan rangkaian fisioterapi beserta dengan mengonsumsi obat anti radang dari jenis Non Steroid Anti Inflammatory Drugs (NSAID). Padahal obat dari jenis NSAID cenderung memiliki efek samping lebih berat ketika dikonsumsi berketerusan.

Apa Sebenarnya Penyakit Saraf Kejepit?

Kondisi saraf kejepit adalah keadaan ketika jaringan saraf yang berada di satu area terjepit atau tertekan oleh bagian tertentu dalam tubuh yang ada di sekitarnya. Ini adalah salah satu bentuk cedera saraf yang biasanya terjadi karena kecelakaan fisik di area tertentu atau karena kegiatan berulang secara menahun.

Sebuah peristiwa atau aktivitas berulang dapat menyebabkan bergeser atau menyempitnya saraf atau jaringan sekitar saraf seperti otot, tendon atau tulang. Akibatnya jaringan saraf di area tersebut akan terjepit dan menimbulkan peradangan.

Peradangan ini menimbulkan rasa nyeri yang sangat kuat. Biasanya penderitanya juga akan kesulitan beraktivitas normal karena saraf yang terjepit juga menyebabkan tubuh terasa kaku dan berat.

Berawal dengan efek kesemutan, nyeri ringan saat beraktivitas, efek kebas atau mati rasa hingga pergerakan yang terbatas karena rasa kaku dan berat saat bergerak. Bila keluhan ini semakin memburuk dan rasa nyeri semakin terasa menusuk, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri.

Obat Saraf Kejepit Alami Di Apotek

Ketika seseorang mendapat vonis penyakit saraf kejepit, pasien akan mendapat rekomendasi untuk  menjalankan fisioterapi yang ditujukan membantu melepas area penyempitan atau pergeseran sehingga saraf yang terjepit bisa teratasi. Terapi akan berjalan dalam sejumlah rangkaian dalam jangka waktu tertentu.

Penentuan lama durasi dan kekerapan terapi biasanya berdasar sejauh mana kondisi penyempitan dan kerusakan yang terjadi. Biasanya terapi juga bekerja untuk memberi stimulasi bagi area saraf yang terserang supaya tetap aktif dan tidak mati.

Bersamaan dengan fisioterapi ini pasien akan mengonsumsi obat khusus yang bekerja meredakan efek nyeri sekaligus mengatasi kerusakan saraf yang terjadi. Inilah peran NSAID pada kasus saraf kejepit. Meski efektif, tetapi obat NSAID ini memiliki efek samping bila Anda konsumsi terus menerus.

Untuk alternatif, Anda bisa mencoba obat saraf kejepit alami di apotek. Dan salah satu yang bisa direkomendasikan untuk obat saraf kejepit alami di apotek adalah herbal mengkudu atau noni.

Mengapa Noni Baik Untuk Obat Saraf Kejepit Alami?

Mengapa harus noni? Buah eksotis yang terkenal dengan aroma khasnya yang kurang sedap ini ternyata memiliki sejumlah khasiat. Dan di antara beberapa khasiatnya adalah efek analgesik alaminya.

Yang unik, Bila Anda bandingkan dengan herbal lain yang juga memiliki kandungan analgesik, efek analgesik pada noni dianggap cukup kuat. Setara dengan efek tramadol, salah satu analgesik yang relatif kuat di pasaran.

Tidak berhenti pada efek analgesiknya yang relatif kuat. Ternyata noni juga mengandung unsur anti peradangan yang cukup efektif. Penjelasan ini telah diungkap dalam banyak riset seperti yang dapat Anda lihat pada jurnal Molecules tahun 2020.

Sementara itu, dalam sebuah riset terhadap tikus sebagaimana terungkap dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin tahun 2009 dijelaskan bahwa ekstrak noni memiliki potensi cukup kuat untuk membantu menstimulasi penyembuhan kerusakan saraf.

Noni bisa Anda konsumsi bersama terapi medis untuk mempercepat penyembuhan. Atau Anda konsumsi sebagai pencegahan ketika keluhan ringan mulai muncul. Dapat pula menjadi terapi untuk merawat saraf supaya kasus serupa tidak berulang kembali.

Anda bisa membeli noni sebagai obat saraf kejepit alami di apotek dengan mudah karena memang sudah banyak dijual bebas di pasaran. Hanya selalu pastikan memilih produk dari produsen terpercaya yang hanya menjual noni asli tanpa campuran. Temukan lebih banyak info pemanfaatan noni untuk terapi saraf kejepit di laman herbal deherba.com.

Kategori: Umum