Mercedes-Benz Axor 2528 CH merupakan solusi dari PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen sektor pertambangan dan off-road. Pengembangan Mercedes-Benz Axor 2528 CH didasari atas kondisi pasar pada segmen off-road atau pertambangan saat ini yang diisi oleh kendaraan yang berspesifikasi terlalu rendah (underqualified) atau terlalu tinggi (overqualified).


Mercedes-Benz Axor 2528 CH dengan kapasitas dan performa yang berada di antara kedua kategori tersebut dapat menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan untuk dapat berkembang lebih cepat dengan produk yang sesuai dan cocok untuk kebutuhan pasar.

 

Perlu diketahui, Mercedes-Benz Axor 2528 CH merupakan upgrade dari Axor 2528 C. Hanya saja ada beberapa perubahan yang disesuaikan untuk sektor pertambangan menengah.

 

Apa Keunggulan Axor 2528 CH dibandingkan Axor 2528 C?

 

Secara umum, Mercedes-Benz Axor memiliki beberapa keunggulan, seperti Anti Lock Braking System yang dapat mencegah rem mengunci ketika pengereman kuat di atas permukaan licin, lalu ada Constant Throttle Valve untuk menyuplai bahan bakar ke mesin untuk menghasilkan efek engine brake ketika pedal gas tidak diinjak. Selain itu ada Daytime Running Light, Unitized Direct Injection, Variable Green Band, dan Inter-wheel Differential Lock.

 

Mercedes-Benz Axor 2528 CH ini sudah dibekali berbagai teknologi tersebut dan memiliki spesifikasi khusus untuk pengaplikasian area off-road dan pertambangan. Berikut ini adalah beberapa keistimewaan lain dari Mercedes-Benz Axor 2528 CH dibandingkan dengan model sebelumnya yakni Axor 2528 C :

  • Ban dengan jenis tapak “mining lug” yang berarti lebih kuat mencengkram tanah di lokasi pertambangan.
  • Kemampuan menanjak lebih besar. Rasio akhir total ditingkatkan menjadi 6,18 dari sebelumnya 5,375 menghasilkan running gradeability yang lebih besar 80% dibandingkan Axor 2528 C yang hanya 76%.
  • Adanya hub reduction yang dapat meningkatkan daya tahan komponen di dalam sumbu penggerak pada kondisi pengoperasian di medan berat.
  • Ground clearance lebih tinggi. Axor 2528 CH lebih tinggi 50 mm daripada 2528 C sehingga siap digunakan di medan pertambangan.
  • Pegas dibuat lebih tebal dan jumlahnya menjadi 10 lembar yang diformulasikan khusus pertambangan sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi pertambangan
  • Kelengkapan fitur untuk pertambangan seperti AC, Beacon Lamp dan Battery out-off switch sudah tersedia standar. Juga dilengkapi dengan Power Window dan Central Lock.

 

Teknologi Mesin yang Terdapat di Axor 2528 CH

 

Mercedes-Benz Axor 2528 CH dibekali dengan mesin OM 906 LA, dengan 6 silinder berkubikasi 6.373 cc yang juga diadopsi pada Mercedes-Benz Axor 2528 C dan RMC. Tenaga puncaknya mencapai 280 PS, muncul sejak 2.200 rpm dan torsi 1.100 Nm di rentang 1.200-1.600 rpm. Ditambah aplikasi daun suspensi belakang yang lebih tebal untuk penggunaan off-road seperti operasi di pertambangan.

 

Berat sasisnya mencapai 8.700 kg dengan Jumlah Berat Bruto (JBB) 26.500 kg. Kapasitas beban maksimum yang dapat diterima sumbu depan sebesar 6.000 kg dan belakang 20.500 kg.

 

DCVI juga melakukan penyempurnaan pada axle ratio yang diklaim dapat menghasilkan tenaga yang lebih signifikan sehingga pengoperasian truk lebih mudah dan aman. Spesifikasi tersebut dinilai sesuai dengan karakteristik penggunaan di Indonesia.

 

Untuk menambah rasa nyaman pada pengemudi, Mercedes-Benz Axor 2528 CH juga dilengkapi dengan air conditioner, power window, central lock, lampu rotary (beacon lamp), dan sakelar pemutus baterai yang membedakannya dengan truk off-road lainnya.

 

Layanan Purna Jual yang disediakan DCVI

 

Seperti truk Mercedes-Benz lainnya. Model ini juga ditopang dengan kesiapan layanan purna jual DCVI. Untuk mengoptimalkan segala keunggulan, DCVI berkomitmen menyediakan pelayanan terbaik bagi para pelanggan mulai dari program pelayanan pelanggan, ketersediaan suku cadang, flying doctor dan pelatihan bagi para teknisi.

 

Truk Mercedes-Benz lainnya juga telah dilengkapi dengan layanan purna jual. Artinya, apa pun jenis truk Mercedes-Benz yang digunakan, pasti bisa jadi andalan Anda.

Kategori: Umum