panggung rigging

Apakah saat ini Anda sedang merencanakan menggelar acara outdoor dengan melibatkan banyak orang sebagai pesertanya? Untuk menunjang acara tersebut, Anda akan membutuhkan panggung yang cukup tinggi sehingga bisa dilihat oleh banyak peserta, bahkan yang berada jauh dari panggung sekalipun.

Ada beberapa jenis panggung yang umum digunakan saat ini misalnya jenis panggung standar rangka kayu, panggung melamin, panggung rigging dan panggung semi rigging. Soal ukuran panggung saat ini memiliki ukuran baku yang masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa penyewaan panggung sendiri seperti jasa EO jogja, umumnya menggunakan panggung rigging.

Panggung rigging merupakan panggung yang memiliki rangka berbahan besi tebal yang sanggup menahan beban hingga ratusan kilogram. Panggung ini memiliki karakteristik yang kuat, ringkas dan fleksibel membuatnya banyak digunakan pada berbagai macam event seperti konser, tabligh akbar, pentas, kampanye dan lain sebagainya.

Di berbagai wilayah, umumnya persewaan panggung akan menawarkan panggung rigging ini, seperti jasa EO Jogja. Meskipun memiliki biaya sewa yang paling tinggi dibanding jenis panggung lain, rigging ternyata masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika acara tidak terlalu besar, maka pilihan semi rigging bisa dipertimbangkan dengan harga sewa yang lebih terjangkau.

Sebenarnya, panggung rigging ini tersusun dari beberapa rangka besi terpisah yang kemudian dapat disatukan membentuk sebuah panggung dengan ukuran 8×6 meter. Rangka besi ini dapat dibongkar pasang dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Berikutnya, Anda perlu mengetahui apa saja komponen yang menyusun sebuah panggung rigging agar dapat memperkirakan hal-hal penting berkaitan dengan acara. Beberapa komponen tersebut antara lain

1.Tower Truss ; adalah tiang rangka yang menjadi penyangga agar punggung kuat menahan beban yang berat, baik beban dari atap maupun dari perlengkapan pengisi.

2.Atap Rigging ; bagian atap biasanya juga dibuat dari bahan besi hollow yang lebih difungsikan sebagai sebagai tempat menggantung lampu pencahayaan maupun backdrop.

3.Rigging Sound ; konstruksi lain yang fungsinya untuk menggantungkan line array untuk menunjang sound system.

Demikianlah 3 komponen utama yang menyusun sebuah panggung rigging. Ketika Anda menyewa panggung di tempat-tempat penyewaan seperti jasa EO Jogja , ada baiknya untuk melihat ketiga komponen ini untuk kemudian dapat menentukan perlengkapan pengisi dengan baik.