Peci Songkok mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sejak masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Penggunaan songkok tak hanya sebatas untuk urusan keagamaan, tetapi juga pelengkap seragam dinas. Grosir peci songkok Mojokerto menawarkan berbagai model peci dan berkualitas.

Rentang harga songkok pun beragam. Ada yang dijual dengan harga puluhan ribu, namun ada juga yang mencapai ratusan ribu rupiah. Harga tersebut selain ditentukan oleh desain, juga dipengaruhi oleh bahan dasar pembuatnya. Semakin tinggi kualitasnya maka makin mahal juga harganya.

Berbagai Macam Bahan Dasar Pembuatan Peci Songkok

Songkok bisa dibedakan berdasarkan pada bahan dasar pembuatnya. Sekilas memang terlihat mirip. Namun jika Anda lihat lebih detail, ada songkok yang dibuat dari material yang biasa saja tapi ada juga yang halus. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang dipakai untuk membuat peci songkok.

1.     Kain velvet

Masyarakat umum lebih mengenal jenis kain ini dengan nama kain beludru. Bahan dasar inilah yang dipakai sebagai lapisan paling luar songkok. Jenis dari kain velvet pun beragam dengan tingkatan kualitas yang berbeda pula.

Beludru jenis Martin USA dikenal memiliki kualitas yang sangat baik dengan permukaan yang lembut. Sementara beludru tipe ATR dan Pigeon, kualitasnya masih standar. Sedangkan untuk beludru Contesa dan Martine Korea, kualitasnya rendah namun kainnya cukup tebal.

2.     Kain Satin

Pada bagian dalam peci, terdapat jahitan berupa rajangan atau dikenal juga dengan istilah bos-bosan. Lapisan dalam ini terbuat dari jahitan kain satin. Jenis kain ini tidak menyerap panas sehingga Anda tidak akan merasa gerah meski seharian menggunakan songkok.

Pada grosir peci songkok Mojokerto terkeren, jenis satin yang digunakan ada 3 macam, yaitu satin peles, klarisa, dan keras. Biasanya, bagian dalam peci diberi tambahan motif bordir. Ada yang berupa motif zigzag dan kupu-kupu. Tapi ada juga yang motifnya hanya berupa garis horizontal lurus.

WhatsApp Image 2022 01 11 at 15 38 44 1

3.     Mika atau Plastik Padat

Bahan dasar tambahan ini berfungsi sebagai penyangga peci agar tampak lebih kuat. Tidak semua songkok dilengkapi dengan penyangga berupa mika. Ada beberapa songkok yang terbuat dari kain satin keras yang tidak menggunakan mika sebagai penyangga karena bentuknya sudah cukup kokoh.

Grosir peci songkok Mojokerto menawarkan produk songkok dengan kualitas bahan yang bervariasi. Mulai dari songkok dengan bahan dasar yang sedang hingga memiliki mutu yang tinggi. Harga dari songkok ini cukup ramah di kantong mulai dari puluhan hingga ratusan ribu bergantung pada bahan dan desainnya.