Daftar isi konten

Mengenal 3 Tipe Mesin Kopi

Sebelum memutuskan untuk membeli mesin kopi Terutama untuk kepentingan pribadi, perlu mengenal beberapa jenis serta tipe yang ada di pasar. Sehingga Anda akan mendapatkan coffee maker yang sesuai dengan kebutuhan.

Macam-Macam Tipe Mesin Kopi

Mesin kopi yang beredar di pasar tidak hanya ada satu atau dua jenis saja.  Perkembangan teknologi memungkinkan manufaktur untuk merancang mesin yang memiliki spesifikasi serta fitur dengan kelengkapan berbeda.

Tentunya semua ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya.  Termasuk untuk penikmat kopi yang ingin mengkonsumsinya setiap saat tanpa perlu mengunjungi kafe terdekat.

Mesin Manual

Menggunakan jenis mesin ini berarti pengguna harus melakukan proses manual ketika akan melakukan persiapan pembuatan kopi. Antara lain adalah pada saat preparasi, tamping, mengatur suhu, serta tekanan yang dibutuhkan ketika mesin akan melakukan proses ekstraksi.

Jika ingin belajar menjadi barista dengan otodidak, maka mesin ini dapat menjadi pilihan yang baik. Sehingga Anda pun dapat mengenali setiap kombinasi kopi yang dibutuhkan.

Mesin Otomatis

Mesin kopi otomatis dikenal juga sebagai pod coffee. Ciri melekat padanya adalah diperlukannya kapsul berisikan bubuk kopi  yang ukuranya sudah sesuai dengan kebutuhan untuk membuat secangkir Kopi. Pemanfaatannya membuat proses pembuatan penyajian kopi menjadi sangat praktis.

Sebab kopi ini akan memampukan penyajiannya membuat kopi hanya sebanyak yang diinginkan. Oleh karenanya banyak penikmat kopi yang memiliki mesin ini di rumah. Karena kebutuhannya adalah membuat 1 cangkir sajian kopi saja.

Biasanya mesin ini dimanfaatkan oleh para penikmat kopi rumahan karena kepraktisannya. Oleh karena itu desainnya sangat mengakomodasi kebutuhan  milenial pada zaman ini yaitu sangat futuristik dan bergaya modern.

Mesin Semi Otomatis

Mesin ini merupakan salah satu tipe yang disarankan bagi penikmat kopi yang ingin meracik varian minuman lainnya.  nya Hal ini dimungkinkan karena terdapat fasilitas untuk menakar jumlah bubuk kopi yang mereka butuhkan dalam takaran yang tepat.

Mesin ini biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur misalnya broiler,  portafilter,   serta sebuah lever agar dapat menghasilkan sebuah proses ekstraksi. Kendati demikian,  para penggunanya tetap harus menggiling serta memadatkan bubuk kopi sebelum memulai proses ekstraksinya.

Terdapat 2 macam mesin dari semi otomatis ini yaitu manual control serta programmable. Pada mesin manual control berarti Anda harus menghentikan sendiri proses pembuatan kopi setelah dituang dalam cangkir saji.

Sementara pada mesin terprogram,  pengguna sudah melakukan programming pada sistemnya. Sehingga nanti mesin akan berhenti bekerja secara otomatis sesuai dengan pengaturan pada awal pembuatan. Biasanya pada saat kopi yang sudah diproses mencapai jumlah yang diinginkan.

Setelah anda mengetahui berbagai jenis mesin kopi yang tersedia,  maka saatnya menentukan tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga dapat memenuhi keinginan untuk menikmati sajian Secangkir kopi pada waktu yang Anda inginkan sendiri.

Kategori: Umum