Dibandingkan makanan lainnya, buah dikenal memiliki kandungan yang kaya vitamin, serat, antioksidan, serta mineral yang tinggi. Selain itu buah-buah pun sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Karena Indonesia sendiri adalah negara tropis, sehingga berbagai macam buah-buahan seperti apel, mangga, jeruk, pisang, dan lain sebagainya dapat tumbuh dengan mudah di sini. Dalam kehidupan sehari-hari, buah-buahan sering disebut sebagai dessert atau pencuci mulut.

buah buahan min

Akan tetapi konsumsi buah-buahan di Indonesia masih sangat kurang, yakni sekitar 93,5 persen masyarakat Indonesia tidak mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran sesuai dengan jumlah yang dianjurkan. Data ini diperoleh dari hasil Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas pada tahun 2013.

World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan setiap harinya sebanyak 400 gram buah-buahan setiap harinya untuk kesehatan tubuh. Kurangnya asupan buah-buahan dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang bisa menyebabkan kematian, untuk itu berikut akan dijelaskan manfaat dari mengonsumsi buah-buahan bagi kesehatan.

Asupan Mineral Dan Vitamin Harian Terpenuhi

Nutrisi yang terkandung  di dalam buah-buahan sangat beragam. Dilansir dari National  Health Service atau NHS, buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral, di antaranya vitamin A, B, C, B1, B6, kalium, dan folat.

Walaupun kandungan dari mineral serta vitamin yang terdapat di setiap buah-buahan tidak sama, akan tetapi hal ini tidak mengurangi manfaat serta nutrisi yang diberikan untuk tubuh. Seperti halnya kandungan antioksidan yang terdapat di sebagian buah selain vitamin dan mineral ini baik untuk menjaga sistem daya tahan tubuh serta melawan radikal bebas.

Mencegah Risiko Munculnya Penyakit Berbahaya

Berbagai macam penyakit berbahaya yang muncul karena kurangnya mengonsumsi buah-buahan di antaranya ialah penyakit diabetes, kanker, serta penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian. Selain itu rutin mengonsumsi buah-buahan setiap hari bisa membantu mengurangi stress oksidatif serta menurunkan tekanan darah yang mana bisa dapat mencegah risiko munculnya penyakit jantung.

Asupan Serat Pangan Terpenuhi

Asupan serat pangan di dalam tubuh bisa terpenuhi dengan mengonsumsi buah-buah setiap hari. Karea serat pangan itu sendiri bisa mencegah munculnya sembelit, menjaga kesehatan usus, serta mencegah terjadinya gangguan penceraan lainnya.

Selain mencegah terjadinya gangguan pencernaan, mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi bisa membantu mengurangi risiki kanker usus dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Menjaga Berat Badan Ideal

Semua orang pasti bermimpi untuk memiliki berat badan ideal, nah dengan mengonsumsi buah-buah setiap hari terbukti dapat menjaga tubuh tetap ideal. Hal ini karena buah-buah rendah akan kalori serta lemak yang mana merupakan penyebab berat badan yang bertambah.

Buah-buahan seperti jeruk dan apel bisa membuat Anda tidak mudah lapar. Kandungan air dan serta di dalamnya bisa membuat perut Anda lebih kenyang.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa mengonsumsi buah itu sangat penting, semoga bermanfaat.

Kategori: Informasi