idn 37 min

source gambar : idntimes.com

Saat kamu mendengar frasa teori konspirasi, pasti yang terpikir dalam otak kamu yaitu sebuah rangkaian kenyataan yang dicampurkan dengan mitos yang terkesan sangat dilebih-lebihkan. Tetapi, anehnya yaitu semakin teori ini terus diperbincangkan, maka akan terasa semakin asik!

Walaupun mayoritas teori konspirasi teruji salah, paling tidak terdapat bumbu pembicaraan, lah! Namun, nyatanya terdapat pula teori konspirasi yang pada kesimpulannya teruji benar. Entah lewat pengakuan pihak terpaut ataupun tersingkap oleh zaman. Beberapa teori konspirasi berikut teruji benar!

 

  • FBI memata-matai vokalis The Beatles, John Lennon!

Tahun 60-70an yaitu masa penuh gejolak untuk Amerika Serikat. Bukan cuma Perang Dingin (1947- 1991) dengan Uni Soviet, timbul bermacam gerakan budaya yang timbul. Dipandu oleh para seniman serta musisi, pemerintah AS melihat timbulnya gerakan ini sebagai sinyal bahaya!

Pada tahun 2000, melalui bukunya yang bertajuk Gimme Some Truth, sejarawan Jon Wiener menyingkapkan kebenaran kalau pemerintah AS memanglah memata-matai warganya! Paling utama, pemerintah AS mengawasi para musisi serta seniman dengan panggung serta menyerukan pesan anti-perang yang radikal.

Salah satu pentolan merupakan vokalis The Beatles, John Lennon. Saat sedang merilis sebuah lagu Imagine pada 1971. Seluruh  dunia sangat terpesona dengan adanya pesannya yang mulai menyerukan dunia tanpa adanya perpecahan dan juga tanpa agama. Tetapi, buat Presiden ke-37 AS yaitu Richard Nixon, maka lagu Imagine ini terdengar seperti sebuah ancaman.

 

  • Proyek SUNSHINE telah korbankan banyak jenazah anak untuk sebuah uji radiasi nuklir

Dunia berganti pesat saat Amerika Serikat menjatuhkan 2 bom atom ke Hiroshima serta Nagasaki, sekalian mengakhiri Perang Dunia II (PD2). Bom atom jadi salah satu bagian dari operasj militer di seluruh dunia. Pasti saja, saat itu, akibat bom atom masih belum dimengerti, paling utama dampak radiasinya.

Oleh sebab itu, pada 1953, pemerintah AS melakukan sebuah Proyek SUNSHINE untuk melihat akibat dari nuklir pada kondisi manusia. Jadi, timbul teori konspirasi jika pemerintah mencuri jenazah anak serta balita selaku “kelinci percobaan”.

Saat riset ini go public pada 1956, nyatanya teori konspirasi tidak manusiawi tersebut teruji benar! Proyek SUNSHINE ini menggunakan 500 bagian bahkan lebih. Memakai 1.500 mayat balita dan juga anak-anak.  Mereka diambil dari Australia sampai Eropa. Perkaranya, 1.500 mayat tersebut digali tanpa ada izin pihak keluarga!

 

  • Fitnah Amerika Serikat terhadap Kuba!

Insiden Teluk Babi merupakan kegagalan AS secara politik serta strategis dalam menghindari menaiknya Fidel Castro ke kursi kekuasaan. Tetapi, tidak hanya sampai di sana, bermacam teori konspirasi tersebar seputar pemerintah AS, Teluk Babi, serta Kuba.

Salah satu teori telah mengklaim kalau sebuah militer AS-lah yang telah menggelar berbagai macam operasi untuk memfitnah Kuba. Ini teruji benar dengan operasi Northwoods. Dirancang oleh oleh Departemen Pertahanan AS dan juga Kepala Staf Gabungan AS. Tapi proposal operasi Northwoods ini ditolak langaung oleh Presiden ke-35 AS yaitu John F.Kennedy.

Seperti itu beberapa teori konspirasi besar yang nyatanya teruji benar serta bukan isapan jempol belaka! Walaupun benar, senantiasa ingat, teori konspirasi wajib diteliti dahulu supaya tidak memunculkan kepanikan massa.

 

 

 

Kategori: Informasi