Tongkat Ali Memang melekat dengan citra sebagai obat kuat alami untuk pria. Tetapi sebenarnya, wanita juga bisa mendapatkan manfaat dari herbal satu ini. Apa saja manfaat herbal tongkat ali untuk kesehatan wanita?

Memahami Manfaat Herbal Tongkat Ali

manfaat herbal tongkat ali

Tongkat ali dikenal sangat baik untuk menstimulasi produksi testosteron yang notabene merupakan hormon penting pada vitalitas dan kesehatan pria. Tak dipungkiri mengonsumsi tongkat ali akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pria secara umum.

Secara spesifik, terbukti juga manfaat herbal tongkat ali ini dalam meningkatkan performa pria di atas ranjang. Memperbaiki kesuburan pada pria dan juga mengatasi keluhan seksual pada pria.

Namun, demikian identiknya manfaat herbal tongkat ali untuk pria membuat wanita berasumsi mereka tidak cocok untuk mengonsumsi herbal ini. Padahal sebenarnya herbal tongkat ali juga bermanfaat untuk kesehatan wanita.

Adapun sejumlah manfaat herbal tongkat ali untuk kesehatan wanita antara lain adalah sebagai berikut.

Memperbaiki keseimbangan hormonal pada wanita

Meski pada pria, tongkat ali bekerja mendorong produksi testosteron, pada wanita kinerjanya akan sedikit berbeda. Pada wanita, tongkat ali memang akan menstimulasi produksi androgen. Ini adalah jenis hormon kewanitaan yang memiliki banyak kesamaan dengan testosteron.

Ini akan baik untuk mereka dengan masalah libido dan seksual. Hormon androgen juga mendorong semangat dan meningkatkan mood. Kabar baiknya, dalam tongkat ali juga terdapat fitoestrogen yang dapat mencegah kelebihan androgen dalam tubuh. Karena kelebihan androgen akan membahayakan kesuburan.

Memperbaiki postur tubuh

Kelebihan hormon estrogen akan mendorong tubuh menyimpan lebih banyak lemak dalam tubuh. Dengan meningkatkan kadar androgen tubuh akan membentuk lebih banyak otot. Ini berkat kandungan senyawa unik dalam tongkat ali bernama quassinoid.

Senyawa ini akan membantu meningkatkan pembakaran lemak dan mendorong pembentukan otot. Selain itu senyawa ini juga akan bekerja meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Sehingga juga baik untuk menjaga kadar gula darah.

Sehingga mengonsumsi herbal tongkat ali dapat membantu meningkatkan efektivitas manfaat dari aktivitas fisik. Membantu meningkatkan penurunan berat badan, lingkar pinggang dan mempercepat otot menjadi lebih kencang dan fit.

Baik untuk mengatasi depresi ringan

Pada kasus depresi ringan, terapi dengan tongkat ali dapat menjadi solusi alami. Bahkan sejumlah pakar melihat adanya potensi terapi tongkat ali memiliki efektivitas yang hampir setara dengan terapi diazepam yang lazim menjadi resep untuk depresi.

Dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2013, terungkap adanya manfaat  tongkat ali pada sistem neurotransmitter yang bertanggung jawab pada kondisi depresi, marah dan stress. Terapi ini terbukti memberi manfaat dalam meredam kondisi depresi pada wanita.

Baik untuk keluhan haid

Pada wanita, tongkat ali juga dapat memberi manfaat tersendiri. Efek baiknya sebagai anti nyeri sebagaimana dapat Anda jumpai penjelasannya pada Archive of Pharmacal Research tahun 2016 dapat Anda andalkan meredakan nyeri haid.

Tidak hanya itu, tongkat ali yang baik untuk mengendalikan kondisi hormonal pada tubuh wanita dan memiliki efek anti peradangan akan membantu meringankan gejala jerawat pada wanita yang biasa terjadi saat menjelang haid.

Pada Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2017 juga dijelaskan bahwa terapi dengan manfaat herbal tongkat ali akan membantu meregulasi siklus haid. Meski riset tersebut masih belum melibatkan manusia sebagai sampel.

Memiliki efek anti kanker

Sebenarnya ini bukan hanya manfaat tongkat ali untuk wanita saja, karena pria juga bisa mendapatkan manfaat tersebut. Bahwa dalam tongkat ali terkandung unsur anti kanker seperti eurycomanone.

Senyawa ini baik untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Memiliki efek anti proliferatif terhadap sel kanker sehingga mencegah proses perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Itulah sejumlah manfaat herbal tongkat ali untuk kesehatan tubuh wanita. Anda tertarik mengetahui lebih jaub seputar tongkat ali dan herbal lainnya? Anda bisa cek pada laman deherba.com.

Kategori: Umum