Ketika pandemi Covid-19 datang ke Indonesia dan mengubah seluruh aktivitas masyarakat, teknologi menjadi salah satu penolongnya. bagaimana bisa? Virus Covid-19 telah mengganggu dunia pendidikan kita. Semua sekolah dan universitas di Indonesia untuk sementara harus menghentikan pembelajaran tatap muka. Karena jika kita tidak memakai masker dan selalu berkumpul bersama, penyebaran virus ini akan cepat menyebar. Inilah sebabnya mengapa pemerintah saat ini melarang belajar dan mengajar tatap muka di sekolah atau universitas.

 

Dengan online learning akhirnya menjadi solusi bagi permasalahan ini, sehingga meskipun para pelajar dan juga para guru berada di rumah tetap dapat melaksanakan proses belajar mengajar. Dengan begitu, dunia pendidikan kita tidak akan berhenti karena pandemi. Meskipun pembelajaran online di Indonesia masih dianggap bukan pilihan terbaik, pembelajaran online seperti ini masih memiliki banyak kelebihan.

 

Saat ini sudah banyak sekolah atau universitas yang menyediakan fasilitas belajar online atau online learning. Beberapa di antaranya bahkan mengubah pembelajaran online menjadi cara baru belajar di universitas atau sekolah. Saat ini, pembelajaran online dapat menjadi metode belajar yang dapat diterapkan di setiap sekolah atau universitas.

 

Karena pandemi yang masih terus berlanjut, kuliah online mulai banyak digunakan oleh banyak universitas di Indonesia. Pandemi Covid-19 memang telah mengubah wajah dunia, khususnya sektor pendidikan. UHMKA merupakan salah satu universitas yang mulai menerapkan kuliah online.

 

Kuliah online merupakan sistem perkuliahan yang menggunakan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan oleh perguruan tinggi atau universitas dalam bentuk modul kuliah, video, audio atau teks. Melalui kegiatan perkuliahan berbasis teknologi modern, perangkat mobile (smartphone), tablet, dan komputer pribadi atau laptop dan gadget lainnya digunakan untuk mendukung aktivitas mereka melalui Internet.

 

Program perkuliahan online tentunya akan menggunakan akses internet sebagai media perkuliahan, disajikan dalam bentuk video, audio, tampilan modul soft copy atau materi perkuliahan yang dihasilkan oleh para staf akademisi.

 

Perkembangan teknologi hingga saat ini memang dapat menembus batas dan hambatan yang membatasi ruang gerak manusia. Tak terkecuali sektor pendidikan, dengan berkembangnya teknologi informasi dan adanya metode kuliah online atau online learning, maka sektor pendidikan juga memberikan dampak positif.

 

Oleh karena itu, program ini menjadi pilihan hampir semua pelajar di seluruh dunia, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini. Bayangkan jika teknologi saat ini tidak berkembang, tidak ada gadget atau internet, lalu bagaimana nasib anak-anak di negara yang tidak lagi bisa mengenyam pendidikan?