Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Kesehatan TubuhZat besi merupakan salah satu mineral terpenting bagi tubuh. Mineral ini penting untuk mendukung perkembangan tubuh dan pembentukan protein khusus dalam sel darah merah dan otot. Zat besi juga berperan penting dalam produksi hormon. Makanan yang mengandung zat besi juga mudah ditemukan sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda. Lalu apa manfaat zat besi bagi tubuh?

Manfaat Zat Besi Bagi Kesehatan

  • Meningkatkan produksi hemoglobin

Tubuh membutuhkan zat besi agar bisa membentuk hemoglobin, protein sel darah merah khusus yang mengikat oksigen. Ketika kadar hemoglobin rendah, sel darah merah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke seluruh tubuh.

Anda bisa kehilangan hemoglobin ketika mengalami cedera, luka, dan menstruasi. Asupan zat besi yang cukup dapat membantu menjaga bahkan meningkatkan produksi hemoglobin sehingga sel darah merah dapat mengikat oksigen secara optimal.

  • Mencegah anemia

Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan anemia. Sel darah merah tidak mampu mengangkut oksigen dengan baik sehingga organ tubuh kekurangan oksigen. Akibatnya, tubuh menjadi lesu disertai pusing, sesak napas, dan detak jantung yang cepat. Ini adalah gejala anemia defisiensi zat besi. Asupan zat besi yang cukup dapat membantu mengembalikan kadar hemoglobin sehingga sel darah merah dapat mengikat lebih banyak oksigen.

  • Mencegah infeksi

Manfaat konsumsi makanan yang mengandung zat besi dari ini mungkin belum banyak diketahui. Asupan zat besi yang cukup dapat mendorong pembelahan dan pematangan sel darah putih, terutama limfosit. Peran utama limfosit adalah mendeteksi dan membunuh mikroorganisme asing.

Di sisi lain, kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyakit ringan yang disebabkan oleh anemia. Saat terluka, sel darah merah tidak dapat mensuplai oksigen yang cukup, sehingga luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

  • Meningkatkan konsentrasi

Jika Anda sering mengalami kesulitan berkonsentrasi, kekurangan zat besi mungkin menjadi penyebabnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup zat besi dapat mengganggu fungsi berpikir Anda. Rendahnya kadar zat besi dalam darah secara langsung dapat mempengaruhi konsentrasi. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan memenuhi kebutuhan zat besi Anda.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Asupan zat besi sangat membantu bagi orang dengan masalah tidur. Sebuah studi menemukan hubungan antara kadar zat besi yang rendah dan berbagai gangguan tidur, seperti sleep apnea, insomnia, dan kecemasan. Mengkonsumsi zat besi dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik dengan menyelesaikan masalah ini. Jika Anda bisa tidur secara teratur, kualitas tidur Anda pasti akan meningkat.

Makanlah makanan yang mengandung zat besi didukung dengan berbagai jenis makanan bergizi lainnya dengan nutrisi seimbang untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda termasuk zat besi untuk menghindari berbagai resiko kesehatan. Untuk anak-anak yang sulit makan, Anda mungkin bisa mempertimbangkan pemberian susu formula Dancow Nestle atau produk snack Nestle lainnya dalam memenuhi kebutuhan gizinya.

Kategori: Kesehatan