Salah satu bentuk pelayanan perbankan yang sering dilakukan nasabah adalah kegiatan transfer uang. Pilihan transfer uang antar bank maupun berbeda bank kini terasa semakin mudah, cepat dan aman. Transfer uang antar bank bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, tidak ribet, cepat dan aman. Anda bisa menerima transferan uang dari bank yang berlokasi di luar negeri dan sebaliknya. Semua kegiatan transfer uang antar bank di berbagai dunia berkembang pesat berkat kemajuan teknologi. Nasabah tidak perlu khawatir sebab setiap teknologi perbankan telah dirancang sedemikian rupa untuk mengutamakan keamanan aset nasabah.

 

Kode SWIFT atau yang terkadang disebut sebagai nomor SWIFT adalah sebuah kode unik yang terdiri dari beberapa huruf yang digunakan untuk melakukan transfer uang dari luar negeri ke dalam negeri, dan sebaliknya.

Kode ini merupakan format standar untuk Kode Pengidentifikasi Bisnis (BIC) dan digunakan oleh bank dan lembaga keuangan sebagai alat identifikasi diri secara global. Uniknya, kode ini dapat menunjukkan identitas dan dimana lokasi lembaga itu berada sehingga Kode SWIFT bank bisa dibilang mirip seperti kode pos atau kode telepon.

Kode-kode ini digunakan ketika mentransfer uang di antara bank, khususnya untuk transfer bank internasional atau transfer SEPA (Single Euro Payments Area). Selain untuk transfer, kode ini juga digunakan oleh bank untuk saling bertukar pesan.

Kode SWIFT menjadi identitas sebuah bank di dalam berbagai transaksi keuangan yang dilakukan secara internasional. Kode yang diterapkan dalam SWIFT akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, di mana hal ini akan membantu identifikasi yang lebih mudah dan praktis bagi para pelaku bisnis dan mereka yang membutuhkan layanan perbankan. Sejumlah kode ini akan sangat membantu dan membuat transaksi keuangan  atau transfer dana ke luar negeri atau sebaliknya dapat berjalan dengan aman dan efisien. Hampir semua kegiatan perbankan yang terjadi antara bank yang berbeda negara akan membutuhkan kode SWIFT, sehingga proses transaksi keuangan yang dilakukan berjalan lebih cepat dan aman.