Kenyamanan tinggal di rumah dipengaruhi oleh faktor kebersihan, kerapihan dan keindahan interior. Pastikan Anda memilih keramik lantai yang sesuai dengan konsep hunian agar bisa menciptakan kepuasan dalam hati. Bila Anda membiarkan keramik hanya sebagai pelengkap tanpa memperhatikan perawatan yang benar, maka lantai bisa menjadi kotor, kusam bahkan rusak setelah masa pemakaian bertahun-tahun.

Cara merawat keramik lantai yang wajib Anda ketahui

Keramik lantai yang terbuat dari bahan berkualitas membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Pasalnya, Anda pasti ingin memiliki lantai hunian yang lebih awet, tidak mudah tergores atau patah. Pastikan rajin melakukan beberapa cara merawat keramik berikut :

1. Rajin menyapu lantai

Minimal Anda harus rajin menyapu lantai keramik di rumah minimal satu kali setiap hari. Jika Anda punya waktu luang sebelum dan sesudah pulang bekerja, maka menyapu lantai keramik dua kali sehari sangat direkomendasikan. Gunakan sapu dengan ijuk rapat untuk memastikan tidak ada kotoran atau debu yang masih tertinggal di kolong perabotan, ya!

2. Mengepel lantai

Home & living akan terasa lebih nyaman bila lantai terus bersih dari kotoran dan debu yang bisa menyebabkan penyakit. Apalagi Anda yang memiliki anak-anak di rumah, maka usahakan untuk mengepel lantai secara rutin. Gunakan pembersih lantai yang aman digunakan untuk keramik yang tidak memicu warna menjadi lebih cepat kusam.

3. Membersihkan tumpahan minyak pada keramik

Bila minyak tidak sengaja tumpah di lantai keramik, maka bersihkan dengan taburan tepung terigu untuk menyerap minyak tersebut. Setelah minyak terserap, Anda bisa membersihkan sisa tepung terigu dan lap menggunakan kain hingga bersih.

4. Hindari menyeret perabotan atau mencongkel kotoran pada keramik dengan benda tajam

Kerusakan pada keramik bisa disebabkan oleh kelalaian Anda yang suka menyeret perabotan berat begitu saja. Hal ini bisa membuat goresan pada lantai keramik yang sulit dihilangkan, lho! Jangan pula mencongkel kotoran bandel di keramik menggunakan benda tajam yang bisa memicu goresan, baret hingga keramik menjadi rusak.

5. Menyikat dan mengembalikan kilau keramik

Sikat keramik yang berkerak dengan sikat halus dan pembersih khusus, ya! Anda juga bisa mengembalikan kilau keramik yang mulai pudar dengan larutan cuka. Dijamin keramik di rumah Anda menjadi lebih tahan lama dan tampak lebih kinclong. Selain memberikan kenyamanan untuk diri sendiri, keramik yang terjaga bisa menciptakan prestise pemilik di depan tamu yang berkunjung ke rumah.

Yuk, coba terapkan cara merawat keramik lantai di rumah Anda agar tahan lebih lama! Bila ada keramik yang patah atau rusak, segera lakukan penggantian agar tidak merusak pemandangan interior hunian Anda. Rumah yang memiliki interior apik dan terawat akan membuat produktivitas Anda dan keluarga lebih baik.

Kategori: Furniture