Jika Anda sedang berencana menggunakan jasa ekspedisi Sampit untuk mengirimkan barang dari dan atau menuju Sampit via kargo udara, maka Anda harus mengenal pembagian jenis barang kargo agar bisa menentukan tindakan yang tepat untuk barang tersebut.

Mengenal Jenis-Jenis Cargo Udara

1. General Cargo

General cargo atau cargo umum adalah jenis kargo berupa barang kiriman biasa yang tidak membutuhkan penanganan seperti pengemasan secara khusus. Barang-barang jenis general cargo umumnya mempunyai sifat tidak mudah rusak, busuk ataupun mati.

Barang general cargo juga tidak membahayakan keselamatan maskapai pesawat dan barang di sekitarnya. Untuk barang jenis general cargo, persyaratan pengangkutan barang tetap harus memenuhi ketentuan keselamatan yang berlaku meski persyaratan tersebut tidak serumit pengiriman cargo lainnya.

2. Special Cargo

Jenis kargo berikutnya adalah special cargo atau kargo spesial. Special cargo masih dapat diterima oleh maskapai penerbangan untuk dikirimkan.

Pengiriman barang yang termasuk kategori special cargo membutuhkan penanganan khusus yang disesuaikan dengan regulasi Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA). Barang yang masuk special cargo seperti hewan hidup, jasad manusia, dan benda berbau kuat.

jakarta ke sampit

3. Dangerous Goods (DG)

Jenis kargo berikutnya adalah dangerous goods atau kargo barang-barang berbahaya. Jika mengikuti ketentuan yang berlaku, barang yang termasuk ke dalam kategori Dangerous Goods tidak dapat dikirim menggunakan ekspedisi pesawat udara.

Larangan diberlakukan mengingat beberapa barang tersebut memiliki potensi membahayakan kesehatan dan nyawa penumpang jika diangkut oleh pesawat.

Apabila barang yang termasuk dangerous goods ingin diangkut menggunakan pesawat terbang, maka ada standar pengiriman khusus yang diberlakukan terhadap pengiriman barang tersebut. Penanganan dangerous goods juga akan dipisah di tempat khusus pengiriman barang berbahaya.

Meski begitu, beberapa jasa ekspedisi Jakarta ke Sampit aman dan bergaransi tetap tidak mengizinkan pengiriman barang-barang terkategori dangerous goods karena dianggap tetap membahayakan penerbangan. Sementara maskapai lain mengizinkan namun dengan batasan tertentu.

Selain memperhatikan jenis barang yang dikirim, ketentuan kargo pesawat meliputi ukuran serta bobot dari barang kargo yang masih bisa ditampung di dalam compartment pesawat udara. Saat memilih jasa ekspedisi Sampit, pastikan jasa tersebut didukung oleh pekerja yang profesional serta berpengalaman.

Kategori: Jasa