Belakangan ini, produk kecantikan seperti skincare tidak henti-hentinya bersaing untuk menyediakan produk dengan kandungan bahan yang efektif untuk membantu mengatasi permasalahan penggunanya. Hal ini terlihat dari uniknya kandungan skincare yang masif beredar saat ini mulai dari green tea, tea tree oil, mutiara, ginseng hingga lendir siput dapat dengan mudah Anda temukan. Namun salah satu kandungan skincare yang menjadi cukup populer karena dapat membantu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kulit Anda adalah Centella Asiatica.

Apa Itu Centella Asiatica dalam Skincare?

Centella Asiatica

Bahan Skincare Hits, Centella Asiatica

 

Centella Asiatica merupakan daun pegagan yang masuk ke dalam kategori tanaman obat liar di daerah Asia. Tanaman ini telah dikenal sebagai obat kulit abadi sejak zaman dahulu karena memiliki kandungan flavonoid, steroid triterpenic, dan asam amino dalam konsentrasi yang tinggi. Kandungan inilah yang membuatnya menjadi terkenal sebagai bahan aktif dari banyak brand skincare belakangan ini karena dapat memberikan berbagai manfaat kulit seperti mencegah munculnya tanda-tanda penuaan (anti-aging), melembabkan kulit dan  yang paling penting adalah memiliki sifat menenangkan kulit terutama saat iritasi.

Selain itu, Centella asiatica juga terkenal karena mengandung madecassoside yang secara intensif sering ditampilkan sebagai sorotan utama pada kemasan skincare sebagai agen anti-penuaan yang kuat. Pasalnya, produk skincare dengan bahan aktif ini memiliki kemampuan untuk melindungi molekul kulit dari adanya degradasi sehingga ketika produk di aplikasikan ke wajah dapat bekerja secara efektif untuk memperpanjang penampilan kulit yang lebih awet muda.

Kelebihan Skincare dengan Kandungan Centella Asiatica

Selama bertahun-tahun Centella asiatica ternyata memiliki berbagai manfaat untuk perawatan kulit, sehingga tidak heran banyak brand ternama memiliki produk skincare dengan bahan aktif ekstrak tumbuhan ini. Namun apa sebenarnya kelebihan ekstrak Centella asiatica hingga menjadi populer sebagai kandungan skincare seperti sekarang ini? Berikut adalah beberapa kelebihan utamanya,

  • Mencegah Tanda Penuaan (Anti-Aging)

Centella Asiatica sering digunakan sebagai kandungan skincare karena memiliki Flavonoid dan senyawa aktif yang disebut “Madecassoside” dalam konsentrasi yang tinggi. Dimana kedua senyawa ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas terutama karena paparan sinar matahari dan juga polusi.

Selain itu, senyawa ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen serta jaringan kulit agar mencegah munculnya tanda penuaan sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan tampak awet muda. Hal ini karena, meningkatnya produksi kolagen ini memainkan peran penting untuk meningkatkan elastisitas kulit.

  • Menenangkan Kulit dan Menjaga Skin Barrier

Aplikasi produk skincare yang mengandung Centella asiatica secara topikal (langsung) juga dapat membantu meningkatkan fungsi skin barrier. Peningkatan performa skin barrier ini tentu sejalan dengan meningkatnya kelembaban pada kulit sehingga dapat menyebabkan munculnya efek menenangkan.

Pasalnya, inflamasi dan iritasi akan semakin memperburuk kulit Anda karena menjadi pemicu munculnya jerawat kemerahan dan eksim. Aplikasi skincare dengan kandungan Centella asiatica ini tentu akan membantu untuk meredakan peradangan pada kulit sekaligus membantu menenangkannya. Jadi, jika kulit Anda rentan terhadap kemerahan dan iritasi, maka Centella Asiatica harus menjadi bahan aktif yang ada dalam rangkaian produk skincare pilihan Anda.

Banyaknya kelebihan dari Centella asiatica ini tentu menjadikan pilihan yang menarik bagi rangkaian produk skincare yang Anda miliki. Namun sebelum menggunakan rangkaian skincare dengan kandungan bahan aktif tersebut, pastikan untuk melakukan tes pada kulit Anda terlebih dahulu untuk menghindari munculnya kemungkinan reaksi yang tidak diinginkan.

Kategori: Kecantikan