Sebuah ecommerce kelas dunia yang dibuat oleh Jack Ma semenjak tahun 1999 ini memberikan manfaat bagi kita yang ingin terjun di bisnis global.

Bukan hanya sebagai pembeli saja, melainkan sebagai penjual. Kita pun dapat memanfaatkan sistem penawaran yang disediakannya untuk memulai bisnis di Indonesia dengan barang dagangan imporan.

Konversi mata uang juga bekerja dengan cara yang sama seperti halnya kamu membeli barang-barang di Indonesia, sehingga dapat langsung kamu hitung sendiri antara modal dan keuntungan yang didapatkan saat nantinya barang-barang yang kamu beli dijual kembali di Indonesia.

Tidak Semua Orang Bisa Berbelanja

Sementara platform Alibaba sudah begitu ramah pengguna dan dapat kita pesan kapanpun kita inginkan, tapi tetap ada satu halangan dan rintangan yang harus kita taklukan terlebih dahulu, yaitu regulasi.

Akan tetapi jangan kamu jadikan regulasi tersebut sebagai sandungan, malah harus dijadikan sebagai kesempatan.

Pasalnya, semakin sulit prosesnya, maka akan semakin mengurangi pesaing di pangsa pasar lokal kita.

Menariknya, kesulitan tersebut bisa kita atasi sepenuhnya dengan menggunakan jasa forwarder Alibaba yang siap membantu kita dimulai dari pemesanan hingga produk tersebut sampai di tangan kita.

Langkah Membeli Barang di Alibaba

Kita sudah menyerahkan hal sulitnya kepada jasa forwarder, dengan begitu hal yang harus kita lakukan hanyalah memesan barang yang ingin kita jual lagi nanti di Indonesia.

Adapun langkah untuk membeli barangnya adalah sebagai berikut:

  • Buat akun Alibaba melalui situsnya Alibaba.com.
  • Masukan data yang dibutuhkan seperti nama, alamat rumah, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.
  • Cari produk di mesin pencarian yang telah disediakan.
  • Bandingkan antara satu penjual dengan yang lainnya. Bukan hanya dari sisi harga, juga spesifikasi produk yang ditawarkan.
  • Negosiasikan harga jika terlalu mahal melalui fitur message. Kamu juga bisa memesan barang secara custom.
  • Konsultasikan kepada penyedia jasa forwarder (link di atas) mengenai harga pasti dari barang tersebut, terutama biaya pajak dan pabean.
  • Pesan barang, bisa dibayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, online bank payment, wire transfer, atau western union.
  • Biarkan penyedia jasa forwarder melakukan tugasnya semaksimal mungkin.
  • Barang sampai ke tangan kita tanpa banyak basa-basi.

Perlu dicatat bahwa kita harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa forwarder sebelum melakukan pemesanan dan pembayaran.

Pasalnya, nanti mereka akan menghitung berbagai macam biaya pajak, mengurus regulasi, memberikan minimum pemesanan, dan jenis pengiriman apakah menggunakan laut atau udara.

Kategori: Jasa