Protein menjadi salah satu nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh setiap orang. Ada berbagai macam fungsi protein bagi tubuh, termasuk untuk kekebalan tubuh. Karena hal tersebutlah, anda harus memastikan kebutuhan protein harian tetap terpenuhi.

Asupan nutrisi ini yang didapatkan dari makanan nantinya akan dipecah menjadi asam amino. Asam amino memang ada sebagian yang bisa diproduksi oleh tubuh, tapi sebagian pun didapatkan dari makanan. Asam amino sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Karena hal tersebutlah sebaiknya untuk selalu konsumsi makanan yang memang mengandung protein. Tapi sebenarnya, apa fungsi protein? Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa fungsinya maka bisa simak ulasan berikut.

1. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Protein memiliki peran besar dalam memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak. Bahkan protein pun berfungsi besar dalam menyusun hampir sebagian besar tubuh manusia, mulai dari otot, tulang, jantung, otak, rambut, dan juga kulit.

Pada ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang sakit maka jumlah proteinnya yang akan dibutuhkan akan lebih banyak dibandingkan dengan orang normal. Untuk itu, baik ibu hamil, ibu menyusui, dan orang sakit memang dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung banyak protein.

2. Sumber Energi

Selanjutnya adalah berfungsi sebagai sumber energi. Dalam pengolahan makanan sebagai sumber energi, terlebih dahulu tubuh akan mengelola karbohidrat dan lemak terlebih dahulu. Nah, protein ini akan digunakan sebagai cadangan energi, jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Misal dalam keadaan sedang puasa tanpa asupan makanan selama hampir 14 jam.

Jika kekurangan protein di dalam tubuh dan dalam jangka waktu yang panjang, maka seseorang akan mengalami kwashiorkor dan malnutrisi energi protein.

3. Sebagai Pembentuk Enzim dan Hormon

Fungsi selanjutnya adalah untuk pembentukan enzim dalam tubuh. Enzim memiliki tanggungjawab atas reaksi biokimia pada tubuh, misal saat terjadi kontraksi otot, kemudian menghancurkan racun, dan mencerna makanan.

Selain itu, protein pun digunakan untuk pembentukan hormon. Untuk hormon ini memiliki untuk mengirimkan sinyal dan juga bertanggungjawab untuk mengatur proses biologis antar sel, jaringan, dan juga organ.

4. Membentuk Antibodi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika protein berguna untuk membentuk kekebalan daya tahan badan. Hal ini lantaran protein akan membantu tubuh untuk membentuk imunoglobul atau antibodi. Antibodi inilah yang akan melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus dalam tubuh. Dengan antibodi pun dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang sama dikemudian hari. Sehingga anda akan lebih kebal dan tidak mudah sakit karena serangan bakteri atau virus yang sama.

Itulah beberapa fungsi protein untuk kesehatan diri anda. Setelah mengetahui berbagai fungsinya tentunya anda akan lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang masuk ke tubuh. Nah, setidaknya wanita dewasa membutuhkan 46 gram protein per hari, dan laki-laki dewasa membutuhkan sekitar 56 gram per hari.

Kategori: Kesehatan