Manusia hidup tanpa alam merupakan suatu kemustahilan. Alam menyediakan berbagai sumber daya yang bermanfaat bagi keberlangsungan manusia. Oleh sebab itu, alam harus senantiasa dilestarikan karena jika terjadi kerusakan alam, maka manusialah yang paling dirugikan. Anda pun bisa mencoba cara menjaga kelestarian lingkungan alam di mulai dari hal-hal kecil.

Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam

1.    Melakukan Pengolahan Tanah sesuai Kondisi

Jika Anda ingin membangun gedung, rumah, atau hal lainnya, pertama Anda harus memperhatikan kondisi dan kemampuan tanah (lahan). Anda harus tahu jenis tanah dan kondisinya. Pastikan juga sistem irigasi atau drainase yang akan digunakan sudah memenuhi standar.

Pembentukan drainase ini bertujuan untuk menghindari adanya genangan air. Lahan yang digunakan pun harus lahan yang bebas sengketa dan tidak mengorbankan banyak pohon.  Pastikan juga lahan tersebut memiliki daerah resapan air untuk menghindari banjir.

2.      Mengolah Limbah dengan Baik

Industri ataupun rumah harus perlu memikirkan manajemen dalam mengolah limbah. Limbah jika langsung dibuang maka dapat mencemari lingkungan. Oleh sebab itu, harus dilakukan manajemen limbah seperti mengolah limbah sebelum dibuang atau membuat tempat khusus untuk limbah.

Limbah cair seharusnya diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke aliran air sekitar. Pastikan logam atau zat berbahaya sudah berkurang dalam limbah. Untuk limbah berupa asap, maka bisa dilakukan penyaringan terlebih dahulu. Limbah padat bisa dipilah lagi untuk dimanfaatkan lebih lanjut atau dikubur di daerah tertentu jauh dari pemukiman.

3.    Menggunakan Barang Daur Ulang atau Ramah Lingkungan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan barang yang ramah lingkungan atau daur ulang. Barang yang ramah lingkungan merupakan barang yang mudah terdegradasi di tanah jadi tidak mencemari tanah. Pemakaian barang daur ulang juga bisa jadi pilihan karena mengurangi sampah yang ditimbulkan.

Jaman sekarang untuk menemukan kedua bahan ini tidak begitu sulit. Jadi, Anda bisa mulai berpindah untuk menggunakan barang ramah lingkungan dan memakai barang yang bukan sekali pakai.

4.    Menanam Pohon

Menanam pohon bukan sesuatu yang baru yang terbukti dapat membantu pelestarian alam. Dengan menanam pohon maka segudang manfaat dapat diperoleh antara lain pohon dapat menyerap karbon dioksida di udara dan akar pohon yang bermanfaat untuk menyerap air agar tidak banjir.

Menanam pohon ini bisa dimulai dari daerah sekitaran rumah hingga reboisasi hutan. Reboisasi hutan adalah penanaman hutan kembali pada lahan tandus atau gundul. Hutan merupakan sumber daya alam yang besar yang sangat membantu kehidupan manusia.

Menjaga kelestarian lingkungan alam merupakan tanggung jawab setiap manusia di dunia. Alam harus selalu dilestarikan demi manusia dan alam bisa hidup secara berdampingan. Kelestarian alam akan menyokong keberlangsungan hidup manusia itu sendiri. Cara menjaga kelestarian lingkungan alam di atas bisa Anda lakukan dan rasakan manfaatnya dari menjaga kelestarian alam.

Kategori: Umum