Lampu tenaga surya memang sudah dinilai sebagai aksesoris rumahan paling modern di saat sekarang. Bagaimana tidak, sisi hemat dan praktisnya membuat gaya hidup modern kita semakin mudah.

Namun pertanyaannya, apakah baik jika kita tetap menempatkan lampu tenaga surya di luar rumah selama setahun penuh?

Sebenarnya, lampu tenaga surya sangatlah rentan terhadap cuaca dingin, sehingga membutuhkan perawatan berlebih pada saat musim penghujan tiba.

Terutama buat kamu yang tinggal di daerah dingin di Indonesia, maka penggunaan lampu tenaga surya outdoor tersebut mungkin bukan cara terpraktis untuk dilakukan.

Namun sebelum benar-benar menyerah, mending kamu sempatkan sedikit waktu untuk membaca informasi detail berikut ini dulu yuk!

Efek Suhu Dingin dan Cuaca Dingin

Memang kita bisa leluasa saat tinggal di tempat panas seperti Bali, Jakarta, dan sekitarnya, namun berbeda untuk wilayan di Indonesia yang memiliki hawa dingin di malam hari atau masa penghujan tiba.

Pasalnya, baterai yang tersemat dalam lampu tenaga surya akan bekerja dengan optimal pada saat disimpan di dalam suhu ruangan.

Ini berarti, performanya akan begitu efektif saat berada di lingkungan dengan suhu minimal 20 derajat celcius.

Semakin panas tentunya akan semakin bagus, sehingga lampu tenaga surya outdoor cocok digunakan di Indonesia.

Namun tidak semua wilayah mendukung situasi tersebut. Faktanya, ada beberapa wilayah yang ternyata suhunya di bawah 20 derajat celcius, layaknya di luar negeri pada saat musim semi atau gugur.

Sebut saja Puncak Bogor yang suhunya bisa turun hingga 17 derajat celcius di malam hari saat cerah, dan 13 derajat celcius pada musim hujan.

Jaya Wijaya apalagi! Wilayah tersebut bahkan pernah turun salju karena suhunya mencapai 0 derajat celcius.

Jakarta tak Masalah

Dengan kata lain, lampu bertenaga surya outdoor ini masih bisa digunakan selama lingkungan tempat kamu tinggal tidak kurang dari 20 derajat celcius.

Jika dipaksakan, maka bukan hanya kurang optimal saat bekerja, juga mengurangi usia baik dari baterai maupun lampu itu sendiri.

Atau jika ingin mendapatkan varian yang lebih baik, cobalah membelinya secara import melalui Lightning Manufacturer in China karena sudah tahu betul bagaimana cara mendesain lampu berteknologi tenaga surya bekerja di suhu dingin.

Pasalnya, China sendiri memang termasuk ke dalam negara 4 musim seperti musim dingin yang dipenuhi salju yang sangat dingin.

Kategori: Umum