Cara ternak ikan nila di kolam terpal ternyata tidak sulit dan tidak butuh modal besar. Ternak ikan nila memang terlihat sangat sederhana bahkan sepele namun ternyata ternak ikan nila bisa sangat menguntungkan.

Ini terjadi karena permintaan terhadap ikan nila sangatlah besar dan tak pernah surut. Ternak ikan nila juga sangat menguntungkan dan tak perlu lahan yang begitu luas. Gunakanlah lahan seadanya kemudian gunakan terpal sebagai kolam.

Cara Ternak Ikan Nila di Kolam Terpal

Budidaya di kolam terpal adalah pilihan yang bijak terutama jika anda masih pemua. Ternak ikan nila di terpal tak butuh banyak biaya untuk pembuatannya dan relatif mudah untuk dibuat.

cara ternak ikan nila di kolam terpal

Kolam terpal yang anda buat sebaiknya memiliki pencahayaan yang baik dan berada di lokasi yang dapat anda pantau.

Pembibitan Ikan Nila di Kolam Terpal

Untuk mendapatkan bibit ada dua cara yang dilakukan yaitu dengan mengawinkan ikan nila. Sedangkan yang kedua adalah dengan membelinya dari yang jual bibit ikan nila terdekat di toko ikan atau pendedern. Pilihlah bibit ikan nila yang memiliki bentuk yang sama, aktif dalam bergerak, dan tak ada kecacatan.

Penyebaran pada cara ternak ikan nila di kolam terpal tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebelum disebar bibit ikan nila harus dimasukan dalam wadah berisi air. Kemudian isi wadah tersebut dengan air kolam. Diamkan selama beberap alama lalu bibit siap untuk ditebar di kolam terpal.

Perawatan Ikan Nila di Kolam Terpal

Pakan harus diberikan sebannyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Pakan yang baik adalah yang tinggi kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Sebagai nutrisi tambahan, anda bisa memberi makan siput sawah atau sayuran yang sudah dipotong-potong.

Pemanenan Ikan Nila di Kolam Terpal

Pemanenan adalah hal yang paling dinantikan oleh para peternak ikan nila. Namun jangan terlalu terburu-buru saat memanen ikan nila. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, anda harus memastikan bahwa pemanenan dilakukan secara tepat.

Pertama, surutkan air dengan perlahan kemudian ambil ikan menggunakan serokan lalu masukan dalam box berisi es.

Selanjutnya ikan nila sudah dapat dipasarkan. Untuk ukurannya tiap daerah biasanya mempunyai permintaan ukuran yang berebeda-beda. Jadi cara ternak ikan nila di kolam terpal juga perlu kita sesuaikan dengan selera pasar di tempat anda.