Anda harus paham cara ternak ikan lele yang benar agar bisa menghasilkan banyak profit. Belajar budidaya lele bisa dari berbagai sumber seperti internet, buku, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas para peternak ikan untuk menambah pengetahuan dan jaringan bisnis.

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Agar bisa menghasilkan panen lele yang bagus maka harus memerhatikan beberapa hal cara ternak ikan lele di kolam terpal seperti berikut :

Menyiapkan Kolam Terpal

Buat ukuran kolam sedang atau besar dengan permukaan lebih dalam agar matahari tidak tembus. Hal ini menyebabkan ikan kepanasan bahkan mati. Suhu yang disarankan sekitar 200 C sampai 280 C.

cara ternak ikan lele di kolam terpal

Taburkan juga garam krosok untuk menyeimbangkan pH air dan mencegah jamur. Setelah itu, beri molasses untuk menghambat alga hijau karena dapat meracuni ikan. Lalu tambahkan suplemen.

Memilih Bibit Unggul

Cara ternak ikan lele di kolam terpal selanjutnya adalah memilih bibit berkualitas. Lele jantan bertubuh ramping, lincah gerakannya, kepala pipih, warna lebih gelap, dan kelamin runcing. Bibit betina perut lebih besar dari punggungnya, kepala cembung, gerakan lebih lamban, kelamin berbentuk bulat.

Ukuran ideal bibit 5-7 cm dan tidak ada cacat. Bibit ikan lele unggul akan gesit saat diberi makan. Lalu tebar benih pada kolam yang sudah disiapkan. Pastikan suhu dari tempatnya sama dengan kolam terpal.

Setelah lele terbiasa dengan tempat baru, lalu tunggu satu hari kemudian beri suplemen dengan dosis 5 ml/m3. Suplemen berfungsi untuk kekebalan tubuhnya sehingga tidak mudah sakit.

Perkembangbiakan

Ciri-ciri ternak ikan lele siap dikawinkan yaitu kelamin lele betina berwarna kuning dan kelamin jantan berwarna merah. Setelah bisa dikawinkan maka sel telur ikan lele yang telah dibuahi mulai akan terlihat sesudah 24 jam.

Lalu sel telur akan menempel pada bagian sarang. Telur-telur tersebut akan menetas sendiri dan manjadi anakan baru. bibit bru lahir harus dipindahkan pada tempat khusus agar tidak stress atau mati.

Demikianlah beberapa cara ternak ikan lele di kolam terpal yang menghasilkan yang bisa Anda lakukan. Mungkin untuk tahap awal Anda tidak selalu berhasil. Namun dengan niat yang sunngguh-sungguh tentunya niat tidak akan mengkhianati hasil bukan?