Menjalankan usaha budidaya ternak bebek sangat menguntungkan. Kita bisa memilih jenis ternak untuk kita ambil dagingnya atau telurnya. Apapun pilihannya tetap sangat menjanjikan karena besernya pasar yang membutuhkannya.

Untuk menjalankan usaha budidaya ternak bebek yang satu ini, ternyata caranya terbilang cukup mudah untuk dicoba. Ada beberapa cara dan teknik yang bisa anda coba lakukan untuk dijadikan panduan umum ternak bebek ini.

Biasanya dari pakan hingga kandangnya, indukan dan bibit serta hal lainnya. Memilih tipe kandang bebek, sebaiknya disesuaikan dengan lahan yang anda miliki.

Panduan Cara Budidaya Ternak Bebek

Untuk anda yang ingin menambah penghasilan bisa memilih jenis ternak unggas yang satu ini. Anda bisa memulainya dengan modal kecil dan terbatas.

budidaya ternak bebek

Lantas seperti apa panduan budidaya ternak bebek yang mudah dijalankan dan menghasilkan? Yuk langsung saja kita ulas langkahnya lebih lanjut berikut ini.

Pemilihan Bibit Bebek

Agar bebek yang dihasilkan berkualitas, berikut dengan telurnya sendiri, maka bibit yang dipilih, mestinya merupakan bibit bebek dengan kualitas yang baik. Misalnya saja dengan membeli telur tetas dari induk yang berkualitas, dan anda juga bisa menetaskan telurnya sendiri dari inkubator.

Selain itu, anda bisa mengawinkan indukan jantan dan betina berkualitas, agar menghasilkan anakan bebek yang juga memiliki genetik berkualitas. Memilih dan mendapatkan anakan bebek unggul akan menentukan keberhasilan usaha ternak unggas anda.

Cara Pemberian Pakan

Dalam hal pemberian pakan, juga berbeda – beda, tergantung dari jenis bebek dan kadar usianya. Anda bisa membelinya dari tokok yang jual pakan ternak murah terdekat.

Jika bebek baru saja menetas dan berumur 21 hari, maka anda bisa menyediakan pakan dalam baki pakan atau tray feeder. Jika diatas umur 21 hari, sebaiknya pakan sudah disebar dilantai dan diberikan terus menerus.

Hal demikian juga berlaku dalam pemberian air minum yang mesti diberikan terus menerus, dan bisa dicampurkan vitamin didalam minum bebek. Agar bebek bisa tahan dari penyakit dan kebal jika suatu saat terserang virus yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa panduan umum dalam beternak bebek yang bisa anda coba lakukan. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda mengenai ternak bebek.