Jika anda ingin menjalankan bisnis modal kecil untung besar tak ada salahnya memilih usaha budidaya ikan hias. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini tidak terlalu besar dan juga tidak membutuhkan keterampilan khusus untuk menjalankannya.

Bahkan anda bisa memanfaatkan lahan seadanya yang anda miliki untuk menjalankan usaha ini. Meskipun tak membutuhkan banyak modal namun keuntungan yang bakal diraih tak bisa dianggap kecil loh. Bahkan usaha io\ni bisa memberikan potensi penghasilan yang menggiurkan.

Cara Budidaya Ikan Hias

Namun agar usaha budidaya ikan hias memberikan hasil yang optimal, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Perhatikan Wadah dan Lingkungan Budidaya

Sebaiknya kenali dengan baik sifat da karakter jenis ikan hias yang anda budidayakan. Sebab masing-masing ikan hias memiliki perbedaan khusus sehingga perlakuannya juga berlainan.

budidaya ikan hias

Hal penting yang harus diperhatikan adalah lingkungan hidup yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan ikan. Diantaranya kualitas air, suhu, tingkat keasaman (PH), ketercukupan oksigen, maupun kondisi cahaya atau kecerahan di dalam kolam.

Air untuk budidaya ikan hias harus bersih, berkualitas, tidak mengandung zat kimia berbahaya. Suhu air kolam dijaga antara 24-30 C, oksigen terlarutnya > 3 ppm, tingkat keasaman (PH) air sekitar 6 hingga 7, dan tingkat kecerahan air berkisar 30-60 cm.

Air kolam bisa dari sumber air alami, air tanah, atau dari PAM. Namun sebelum digunakan sebaiknya air diendapkan terlebih dahulu selama seharian agar gas-gas yang terkandung di dalam air hilang dan kandungan oksigen terlarutnya cukup.

Mengatasi Hama dan Penyakit Ikan Hias

Penyakit yang umumnya terjadi dan menyerang ikan hias bisa bersifat parasit maaupun yang bukan parasit (non parasiter). Parasit penyebab penyakit ikan biasanya akan menyerang bagian badan atau insang ikan, seperti virus, bakteri, jamur, atau lainnya.

Sedangkan non parasite umumnya bersumber dari lingkungan yang buruk ataupun pakan. Karena teliti dalam menjaga lingkungan, pakan dan air dapat menekan risiko terkena penyakit. Untuk keterangan lebih jelas, silahkan kunjungi ikanfarm.com

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam budidaya ikan hias, bisnis modal kecil untung besar yang semoga memberikan inspirasi dan bermanfaat untuk anda agar sukses.

Kategori: Informasi