Budidaya ikan hias saat ini menjadi hal yang sangat menguntungkan. Selain bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan, budidaya ikan hias juga bisa mendatangkan penghasilan yang sangat banyak.

Cara Budidaya Ikan Hias

Apalagi saat ini peminat ikan hias semakin meningkat. Nah, jika Anda ingin membudidayakan ikan hias, simak cara-caranya berikut ini.

budidaya ikan hias

1.Persiapkan Tempat

Nah, cara budidaya ikan hias yang pertama harus dipersiapkan dalam budidaya ikan hias yaitu mempersiapkan tempat. Tak perlu mempersiapkan kolam yang luas, cukup siapkan akuarium.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk mempersiapkan akuarium. Pasalnya bisa membuat akuarium sendiri dari bahan bekas. Sedangkan untuk ukuran akuarium bisa menyesuaikan dengan jenis ikan.

2.Pemilihan Jenis Ikan

Setelah akuarium siap untuk ditempati, langkah selanjutnya pilih jenis ikan yang mudah untuk di rawat. Ada beberapa hal dalam pemilihan ikan, seperti halnya mengetahui mana ikan jantan dan betina.

Selain itu penting untuk memilih benih unggul saat membeli dari tempat yang jual bibit ikan hias. Penting juga mencari informasi terkait waktu tetas telur dan usia produktif ikan.

3.Pemenuhan Makanan

Ikan hias pada umumnya mengkonsumsi dua jenis pakan yaitu pakan buatan dan pakan alami. Adapun pakan alami seperti jentik nyamuk, serangga kecil dan plankton.

Sedangkan pakan buatan ini bisa berupa pelet atau pakan buatan pabrik lainnya yang bergizi. Kebanyakan orang memilih pakan buatan pabrik, karena sudah mengandung gizi untuk tumbuh kembang kita menjadi lebih optimal.

4.Perawatan Ikan Hias

Cara budidaya ikan hias yang selanjutnya yaitu perawatan. Yang mana tahapan ini sangatlah penting untuk perkembangan ikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti halnya mengecek kondisi air, pemberian makan yang tepat, pemberian obat guna mencegah penyakit, tentukan pada ikan untuk mempercepat reproduksi dan masih banyak lagi.

5.Tahapan Reproduksi

Pada tahapan reproduksi ikan hias, ada ciri-ciri tersendiri pada ikan betina yaitu perutnya semakin membesar. Sedangkan pada ikan hias jantan tubuhnya akan lebih panjang dan ramping.

Jika sudah mengetahui ciri-ciri tersebut, segera pindahkan ke akuarium khusus. Setelah terjadinya reproduksi, ikan betina akan bertelur. pada saat ini pisahkan telur pada tempat khusus dan tunggu hingga telur menetas.