Keamanan selalu menjadi nomor satu, biar pengelolaan kawasan industri tetap berjalan normal sebagai mana mestinya.

Keamanan ini tentunya erat kaitannya dengan segala macam aktivitas dan menggunakan peralatan yang ada di dalamnya.

Faktanya, hampir-hampir tak ada alat yang bisa kita gunakan secara ngasal saat berada di kawasan industri. Semuanya membutuhkan ilmu dalam mengoperasikannya.

Bahkan alat yang paling aman saja masih bisa menimbulkan kecelakaan ringan hingga mengancam nyawa.

Pengelolaan ini pun seringkali dipegang oleh pihak ketiga yang jauh lebih mumpuni dan berpengalaman.

Salah satu penyedia jasa dalam mengelola kawasan industri tersebut adalah sebuah perusahaan yang dinamai Kawasan Berikat Nusantara, yang mana sudah sering berurusan dengan kawasan industri yang berstatus berikat maupun non-berikat.

Untuk mencapai tingkat keamanan yang diinginkan, biasanya para penyedia jasa (termasuk KBN) selalu melakukan beberapa struktur pekerjaan meliputi:

Menjaga Kebersihan Industri

Kebersihan di kawasan industri seringkali diremehkan, padahal bisa mempengaruhi segala macam aktivitas, keselamatan kerja, hingga kesehatan dalam jangka panjang.

Selain itu, kawasan industri yang bersih akan meningkatkan produktivitas karyawan menjadi lebih baik lagi. Ada kalanya mereka pun akan merasa betah berada di kawasan tersebut selama jam kerja.

Melibatkan Karyawan

Kita juga harus senantiasa melibatkan karyawan kita dalam proses perencanaan keselamatan. Bahkan karyawan yang ada di lapangan haruslah lebih memahami situasi di kawasan industri tersebut.

Bukan hanya bisa menyelamatkan diri sendiri dari hal-hal yang tak terduga, juga bisa berpengaruh pada keselamatan orang lain.

Instruksi Kerja yang Jelas

Untuk tahap ini, kita bisa bekerja sama dengan pengelola kawasan industri seperti halnya PT. Kawasan Berikat Nusantara, ini karena biasanya merekalah yang tahu situasi di lapangan dan memiliki pengalaman yang jauh lebih baik.

Mintalah instruksi sejelas-jelasnya demi meningkatkan pemahaman baik diri kita maupun para karyawan.

Instruksi ini bisa kita berikan dalam bentuk tertulis biar bisa dibaca berulang-ulang dan dipelajari oleh karyawan kita.

Fokus Pada Hal Penting

Penting di sini bisa berupa layak untuk dilakukan dan memvisualisasikan masalah yang paling masuk akal bisa terjadi di area tersebut.

Buat daftar masalah tersebut dan kemudian cari solusi yang bisa dilakukan. Mengevaluasi kejadian di masa lalu juga penting untuk agar bisa menciptakan prosedur pencegahan kecelakaan dalam jangka panjang.