Berapa Lama Kucing Hamil dan Apa Yang Terjadi?

Berapa lama kucing hamil dan apa yang terjadi saat masa kehamilan tersebut? Seperti yang banyak dirasakan pecinta kucing, kehamilan pada kucing peliharaan membuat pemiliknya sangat senang.

Pasalnya, sebentar lagi kita akan kedatangan anabul mungil yang imut-imut. Namun dibalik rasa senang tersebut, banyak yang merasa cemas dan sedikit panik.

Hal tersebut sangat wajar terjadi dan banyak sering dialami oleh pecinta kucing. Pasalnya, banyak yang menganggap kucing peliharaan sebagai keluarga sendiri.

Bagi yang kucingnya sedang hamil, kamu tidak perlu cemas apalagi panik. Lakukan semua persiapan dengan baik dan jangan gegabah. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut, silahkan cek beberapa hal penting berikut.

Berapa Lama Kucing Masuk Masa Kehamilannya

Dari perkiraan medis tentang lama masa kehamilan kucing menyebut bahwa periode waktu kehamilan kucing itu sekitar 63 sampai 67 hari. Namun, ada beberapa kasus yang mana masa kehamilan kucing bisa mencapai 72 hari.

Tentu bukan termasuk waktu yang lama jika dibanding masa kehamilan  manusia, yang biasanya bisa mencapai 9 bulan 10 hari. Selama masa kehamilan, kamu jangan asal memberikan kucing makan.

Berikan produk yang mampu menambah daya kembang janin di dalam rahim kucing. Berikan juga suplemen khusus kucing hamil yang hanya dijual di pasaran.

Apa Yang Terjadi Saat Kucing Hamil

Sama dengan manusia, kucing yang hamil jug menunjukkan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemiliknya. Di beberapa minggu pertama, biasanya kucing tidak menunjukkan tanda kehamilan apa pun.

Hanya saja setelah minggu pertama, kucing mulai memberikan tanda-tanda fisik yang tentunya dapat dilihat kasat mata. Adapun tanda kehamilan pada kucing sebagai berikut :

  • Puting kucing lebih membesar dan biasanya berubah warna menjadi merah muda
  • Perut yang sedikit bengkak
  • Sering muntah di pagi hari, atau hanya sekedar mual di pagi hari
  • Berat badan kucing mulai naik dan ditunjukkan dengan nafsu makan yang terus meningkat
  • Biasanya kucing punya kebiasaan yang lebih menyayangi manusia dari biasanya

Bagi yang menemui kucing peliharaan sesuai tanda di atas, silahkan langsung pergi ke dokter untuk tes USG. Tujuannya agar tahu bagaimana kondisi anak kucing yang sedang dikandungnya.

Setelah kucing masuk ke fase hamil, sekitar delapan minggu, kucing bakal memasuki tahap yang dikenal dengan sebutan tahap bersarang. Di periode tersebut, biasanya kucing mencari pencarian tempat tenang, nyaman dan aman nyaman.

Di mana tempat tersebut biasanya dipakai untuk melahirkan. Siapkan tempat yang cocok dan nyaman untuk mereka melahirkan. Jika perlu, berikan penghangat agar kucing lebih nyaman.

Beda dengan anjing, kucing tidak membutuhkan bantuan saat mereka lahiran. Namun, disarankan tetap mengecek kucing supaya bisa melahirkan dengan baik. Jika ada masalah, segera bawa kucing ke dokter hewan terdekat.

Kategori: Umum