Daftar isi konten

Jalan aspal kini telah menjadi aspek terpenting bagi kehidupan masyarakat. Sebab jalan aspal memberikan kemudahan untuk melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Nah, dalam dunia aspal ini, ada istilah bernama Asphalt Treated Base atau biasa kita singkat ATB. Asphalt Treated Base adalah pondasi perkerasan yang terbuat dari campuran agregat dan aspal dengan ukuran tertentu. ATB atau Asphalt Treated Base memiliki kegunaan sebagai perkerasan yang melanjutkan dan menyebarkan beban lalu lintas ke bagian konstruksi jalan di bawahnya.

Asphalt Treated Base atau ATB juga kita artikan sebagai konstruksi lapis pondasi. Yang bisa kita tempatkan di bawah lapis permukaan beraspal maupun lapis beton semen. Sifat campuran pada ATB memiliki rongga udara dan permeabilitas cukup besar. Tujuannya yaitu supaya air yang masuk dari lapis permukaan perkerasan bisa kita alirkan pada lapis ATB keluar badan jalan. Jenis ATB ini memiliki tebal minimum 5 cm.

Apa saja keunggulan memakai ATB?

  1. Tahan terhadap deformasi
  2. Bisa berguna sebagai lapis drainase
  3. Memiliki tingkat stabilitas yang cukup, sehingga bisa membantu sebagai lapis penyebar beban
  4. Bisa kita gunakan untuk lalu lintas sedang dan lalu lintas yang berat

Sebagai lapis pondasi di bawah perkerasan jalan, ATB memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Pertama Berfungsi sebagai bagian perkerasan yang dapat menahan gaya lintang dari beban kemudian menyebarkan beban lapisan di bawahnya.
  2. Kedua Berfungsi sebagai lapis peresapan pada pondasi bawah
  3. Ketiga Berfungsi sebagai bantalan terhadap lapis permukaan

Aspal ATB

Pada pelaksanaan, konstruksi perkerasan ATB terdiri dari 3 komposisi utama. Yaitu agregat, mencakup agregat kasar dan agregat halus, filler dan bahan ikat yaitu aspal. 

  • Agregat 

Yang kami maksud Agregat merupakan komponen utama pada campuran ini. Yang mana mencapai 90% sampai 95% terhadap satuan berat atau 70% sampai 85% terhadap satuan volume campuran. Fungsi dari agregat ini adalah sebagai kerangka yang memberikan stabilitas campuran apabila kita lakukan dengan alat pemadat yang pas. Bisa atau tidaknya suatu agregat yang kita gunakan pada konstruksi terpengaruhi beberapa faktor. Yaitu gradasi, kekuatan, bentuk butir, tekstur permukaan, kelekatan pada aspal dan kebersihan.

  • Filler

Selanjutnya Filler adalah material pengisi pada lapis aspal. Filler berguna untuk mengisi rongga antar agregat halus dan kasar yang bisa kita dapat dari hasil pemecahan batuan secara alami maupun buatan. Filler yang bisa kita pakai adalah abu batu, kapur, portland cement, debu dolomite dan lainnya. 

  • Aspal

yaitu merupakan bahan hidrokarbon yang bersifat melekat, berwarna hitam kecoklatan, tahan air dan viskoelastis, aspal  sering juga kita sebut bitumen adalah bahan pengikat pada campuran beraspal yang kita manfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur.

Jasa Pengaspalan

Untuk lebih memahami tentang dunia pengaspalan, anda bisa klik di sini, melihat artikel-artikel kami yang lain. Kami juga sebagai jasa pengaspalan murah memiliki penawaran yang menarik untuk anda, di mana kami melayani pembuatan jalan sesuai permintaan. Jam terbang kami sudah tinggi sehingga apapun yang anda inginkan bisa anda diskusikan dengan kami, untuk itu, segera pertimbangkan pilihan anda.

Kategori: Umum