Terdapat manfaat bubur kacang hijau yang tidak dapat diindahkan. Sebab memiliki kandungan protein serta zat gizi lainnya yang dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya secara optimal.

Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Bayi

Sejak dulu kacang hijau telah dikenal sebagai salah satu bahan pangan yang memiliki gizi yang baik. Sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku saja tambahan gizi pada anak. Antara lain pada anak yang baru saja mengalami sakit serta dalam masa pertumbuhan.

Pertumbuhan dan Regenerasi Sel

Kacang hijau memiliki kandungan protein 20 sampai 40% per sajian. Oleh karena ini bubur yang berbahan dasar kacang hijau berpotensi sebagai sumber protein yang mendukung tumbuh kembang bayi. Duriannya yang secara rutin dapat membantu anak memperoleh asupan protein dalam jumlah yang cukup.

Protein sendiri dikenal sebagai nutrisi yang yang membantu proses regenerasi sel jaringan tubuh yang rusak.Juga untuk membantu agar jaringan tersebut bertumbuh dengan demikian anak dapat tumbuh kembang dengan optimal.

Mencegah Anemia

Kacang hijau juga dikenal sebagai sumber zat gizi yang baik. Oleh karenanya mengkonsumsi bubur kacang hijau secara rutin dapat membantu bayi mencegah anemia karena zat besi di dalam tubuh berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah.

Mendukung Kesehatan Saluran Cerna

Kacang-kacangan termasuk kacang hijau dikenal juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu kesehatan saluran cerna nya.  Selain itu memenuhi kebutuhan serat pada bayi juga akan membantu proses pengeluaran kotoran sehingga tidak mengalami sembelit.

Menjaga Kepadatan Tulang

Mengandung mineral kalsium yang cukup yang sangat tinggi dan dapat berguna untuk menurunkan risiko osteoporosis pada masa dewasanya sehingga dengan mengkonsumsi bubur kacang hijau secara rutin maka si kecil dapat mempunyai kepadatan tulang yang baik hingga dewasa dengan demikian risiko patah tulang ketika jatuh akan diperkecil.

Menjaga Kesehatan Mata

Kacang hijau  juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mendukung kesehatan organ penglihatan pertama mata. Demikian anak akan memiliki mata yang sehat serta tidak mudah terserang penyakit

Mencegah Penyakit Jantung

Kacang hijau juga merupakan sumber antioksidan yang baik yang memiliki peranan untuk memerangi radikal bebas yang ada di dalam udara juga untuk mempercepat penyembuhan penyembuhan peradangan pada tubuh. Mengkonsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu anak untuk memiliki tubuh yang sehat

Manfaat antioksidan yang terkandung dalam kacang hijau dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan demikian dapat menurunkan kemungkinan anak menderita penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan kolesterol misalnya jantung koroner.

Manfaat bubur kacang hijau ini tak dapat begitu saja diabaikan. Oleh karena itu, ibu dapat memberikan bubur berbahan dasar kacang-kacangan ini, agar memperoleh asupan protein yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Kategori: Umum