Mesin kopi ada banyak sekali tipenya dengan beragam fitur andalan. Anda yang pemula dalam pengolahan kopi bisa memilih mesin sesuai kebutuhan dan keahlian. Berikut ini rekomendasi mesin untuk pengolahan kopi bagi pemula yang simpel. Mesin ini juga tidak susah untuk dilakukan perawatan secara rutin.

1.   French Press

Alat seduh kopi manual yang mudah digunakan bagi pemula. Anda bisa menggunakannya untuk menyeduh kopi di rumah. Bentuk alat seperti teko tabung silinder panjang. Di dalam alat sudah ada saringannya. Cara menggunakannya simpel dengan menekan bagian tuas penyaring. Nanti cairan kopi dan ampas akan terpisah. Anda bisa menikmati kopi tanpa ampas sedikit pun.

2.   Vietnam Drip 

Rekomendasi mesin pengolah kopi untuk pemula ada vietnam drip yang juga populer di kalangan pecinta kopi. Alat mesin ini terbuat dari bahan stainless steel. Cara menggunakannya mudah sekali untuk pemula dengan meletakkan tempat bubuk kopi ke dalam wadahnya kemudian tuangkan air panas. Nanti secara perlahan cairan kopi akan menetes. Kopi yang diseduh juga bebas ampas.

3.   Pour Over/v60

Rekomendasi alat untuk pemula ada Pour Over/v60 yang cara penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan filter yang diletakkan di bagian corongnya. Lalu bubuk kopi dituangkan ke corongnya. Baru setelah itu tuangkan air secara perlahan. Hasilnya kopi memiliki citarasa yang aroma dan rasanya ringan.

4.   Rok Presso

Anda juga bisa memilih Rok Presso untuk pemula dalam meracik kopi. Cocok sekali untuk yang suka dengan espresso. Cara penggunaan alat super mudah yaitu cukup dengan masukkan kopi ke dalam wadah yang sudah tersedia. Setelah itu masukkan air ke wadah yang berbeda. Begitu kedua bahan sudah tersedia. Tinggal tarik dua tuas alat dan tekan cairan kopinya, lalu bisa dinikmati.

5.   Siphon

Mesin yang mudah digunakan dengan bentuk alat unik dan hasil kopinya terasa nikmat. Rasa kopi cenderung tidak pahit dan aromanya juga tidak terlalu kuat Alat yang cara kerjanya mirip sistem vakum. Caranya dengan meletakkan bubuk kopi di bagian tabung atas dan airnya di bagian bawah yang bentuknya bulat.

Nanti airnya secara perlahan akan mendidih sampai naik ke bagian tabung yang berisi kopi. Setelah airnya turun Anda bisa menikmatinya. Alat ini sangat mudah digunakan dan bisa menghasilkan dua gelas kopi sekaligus. Cocok buat Anda yang memiliki pasangan hobi ngopi.

Rekomendasi mesin kopi untuk pemula ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Setiap mesin akan ada instruksi penggunaannya, sehingga Anda tidak akan kebingungan. Buat pemula tidak perlu mesin yang terlalu mahal selama bisa menghasilkan kopi yang enak untuk dinikmati. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin agar mesin bisa tahan lama.

Kategori: Umum