5 Ragam Jenis Susu dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

Susu terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa digunakan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Walaupun memiliki rasa yang hampir mirip, tetapi berbagai jenis susu untuk anak tersebut memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda untuk kesehatan. Berikut akan dibahas mengenai beberapa jenis susu dan manfaatnya untuk tumbuh kembang anak.

1. Susu Bubuk

Jenis susu untuk anak yang pertama adalah susu bubuk. Jenis susu ini bisa didapatkan dengan cara penguapan susu cair hingga kandungan airnya hilang dan menjadi butiran bubuk. Susu bubuk memiliki kandungan nutrisi yang banyak, antara lain karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zinc, dan vitamin, seperti vitamin A, B, C, serta D3.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut, susu bubuk memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Susu bubuk mampu meningkatkan kekuatan otot anak, memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak gampang sakit. Selain itu, susu bubuk juga penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak.

2. Susu Full Cream

Susu full cream merupakan susu yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Anda bisa menemukannya baik dalam bentuk cair maupun bubuk. Kandungan lemak dari susu ini bisa mencapai 3,25% lemak atau kurang lebih 8 gram lemak. Susu ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, dan membantu pertumbuhan gigi serta tulang.

3. Susu Soya

Susu soya adalah susu yang bahannya dibuat dari soya atau kacang kedelai. Jenis susu ini mengandung protein yang tinggi serta kadar lemak jenuh yang rendah. Sehingga  susu soya akan sangat baik digunakan untuk memelihara jantung bayi. Selain itu, kandungan asam amino di dalamnya juga bagus untuk metabolisme anak  agar proses pertumbuhannya tidak terhambat.

4. Susu Kental Manis

Yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah susu kental manis atau SKM. Jenis susu ini dibuat dengan proses kondensasi untuk menghilangkan setengah dari volume air yang terkandung. Umumnya, susu ini mempunyai kandungan protein rendah. Susu kental manis cocok untuk pertumbuhan anak usia di atas 5 tahun.

Jika anak berusia kurang dari 5 tahun, hindari pengonsumsiannya karena di dalamnya terdapat banyak kandungan gula. Jangan terlalu sering untuk mengonsumsi susu kental manis untuk anak.

5. Susu UHT

Susu UHT merupakan susu yang telah melalui proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi sehingga bakteri dalam susu akan mati. Proses pemanasan susu tersebut disebut dengan pasteurisasi.

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu UHT bisa dimanfaatkan untuk memperkuat susunan tulang dan gigi. Selain itu, bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, metabolisme, dan pertumbuhan otot anak.

Itulah penjelasan mengenai beberapa ragam jenis susu yang mampu mendukung tumbuh kembang anak.Untuk Anda yang sedang mencari produk susu pertumbuhan yang tepat Anda bisa membeli produk susu dari Dancow. Jika Anda telah membeli beberapa produk tertentu Dancow, maka Anda bisa mendapatkan Dancow Parenting Rewards dengan berbagai hadiah menarik.

Kategori: Kesehatan