4 Faktor Penyebab Karies Gigi Pada Anak

Karies gigi atau kerusakan gigi merupakan proses infeksi yang terjadi akibat rapuhnya email gigi. Kerusakan gigi terbentuk oleh interaksi kombinasi bakteri dan karbohidrat dengan faktor-faktor seperti diet, genetika, perilaku sehari-hari. faktor penyebab karies gigi tentunya sangat banyak bahkan anak-anak juga sangat rentan terhadap kerusakan gigi setelah gigi pertama muncul.

Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri dan hal lain seperti makanan yang mengandung karbohidrat yang menempel pada gigi. Bakteri yang hidup di dalam mulut mengubah sisa makanan menjadi asam, sehingga terjadi kombinasi bakteri, makanan, asam, dan air liur membentuk senyawa yang disebut plak yang menempel pada gigi. Asam ini akan mengikis email gigi dan membuat gigi rapuh.

Ketika membahas kerusakan gigi, tanda-tanda yang sering muncul antara lain munculnya bintik-bintik putih pada gigi yang membusuk, menandai awal dari penipisan email. Kemudian mulai muncul tanda-tanda kerusakan gigi dengan warna coklat muda. Jika rusak berat, lubang akan berubah menjadi hitam. Kerusakan yang parah dapat membuat area gigi ngilu dan sangat mengganggu aktivitas.

Faktor Penyebab Karies Gigi Pada Anak 

1. Kebiasaan sikat gigi yang buruk 

Tidak rajin atau tidak bersih saat menggosok gigi menyebabkan gula menempel pada gigi dan berubah menjadi asam. Serangan asam dapat menyerang gigi hingga 20 menit setelah makan besar atau ngemil.

2. Pilihan makanan yang tidak tepat 

Makan terlalu banyak makanan atau minuman manis sepanjang hari dapat membuat asam dan melemahkan email gigi.

3. Penggunaan botol 

Kebiasaan menggigit botol atau peralatan makan, terutama saat sedang tidur, dapat menyebabkan kerusakan gigi, yang biasanya terjadi pada dua gigi depan tengah.

4. Genetik 

faktor penyebab karies gigi  yang juga terkadang dialami yaitu karena faktor genetik tertentu yang membuat bayi Anda lebih rentan terhadap kerusakan gigi karena email yang lemah, lebih sedikit air liur, atau bentuk gigi.

Langkah-langkah Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anak 

1. Menyikat gigi dua kali sehari 

Ajari anak Anda kebiasaan menyikat gigi setidaknya 2x sehari dengan pasta gigi berfluoride dan flossing di sela-sela gigi.

2. Perhatikan kandungan fluoride 

Fluoride digunakan untuk memperkuat email gigi sehingga dapat mengurangi efek asam yang berbahaya. Jika air yang Anda gunakan untuk berkumur tidak mengandung fluoride, Anda dapat berbicara dengan dokter gigi Anda tentang menambahkan fluoride.

3. Batasi asupan tertentu 

Makanan manis, jus, permen dan sejenisnya dapat mengikis email gigi dan menyebabkan kerusakan gigi pada anak. Ingatlah untuk berkumur atau menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis untuk membersihkan mulut dan gigi dari timbunan gula.

Inilah beberapa faktor penyebab karies gigi. LACTOGROW merupakan susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi untuk anak Anda yang sudah memulai MPASI. Dalam satu cangkir susu LACTOGROW yang mengandung 0 g sukrosa untuk menjaga kesehatan mulut, serta berbagai nutrisi seperti serat (inulin) dan L. reuteri, serta 13 vitamin & 7 mineral.

 

Kategori: Kesehatan